XL Axiata Ganti Cara Cek Pulsa, Bukan Lagi *123#

XL mengubang cara mengecek pulsa dan kuota untuk pengguna kartu prabayar. Simak rinciannya di sini.

Jakarta, CNN Indonesia

Layanan cek pulsa dan kuota untuk pengguna kartu prabayar XL Axiata sudah beralih dan tidak lagi menggunakan *123# mulai 1 Februari 2023.

Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa, mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan sosialisasi peralihan cek pulsa hingga 1 April 2023.

“Migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB(USSD Menu Browser) saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (3/2).

USSD atau Unstructured Supplementary Service Data merupakan suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator selularnya.

Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan.

Migrasi cek pulsa ini berkenaan dengan Peraturan Menteri (PM Kominfo) No 5 Tahun 2021 yang mengatur bahwa akses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan USSD dengan delapan yang menjadi angka awal.

Menurut Alfons, layanan pelanggan UMB *123# selama ini digunakan oleh pelanggan untuk pengecekan saldo pulsa, kuota paket ataupun pembelian produk dan layanan XL Axiata.

Saat ini meskipun pembelian produk dan pengecekan pulsa juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, tetapi ia menilai masih cukup banyak pelanggan yang tetap menggunakan UMB tersebut.

Dengan demikian, hingga saat ini keberadaan UMB tetap disediakan, dan mulai 1 Februari 2023 berlaku UMB *808#.

Selain lewat UMB *808#, XL Axiata juga menyediakan alternatif layanan pelanggan melalui aplikasi, yaitu myXL untuk pelanggan XL Prabayar dan PRIORITAS, dan AXISnet untuk pelanggan AXIS.

“Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Playstore atau App Store,” ujar Alfons.

Selama beberapa tahun terakhir, pengguna XL Axiata mengakses sejumlah informasi layanan baik produk, pembelian pulsa, juga cek pulsa atau kuota data lewat UMB *123#. Namun per 1 Februari 2023, layanan tersebut dialihkan ke UMB *808#.

(can/arh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com