‘Wolf Moon’ Capai Puncak Malam ini, Cek Cara Menikmatinya


Jakarta, CNN Indonesia

Bulan purnama pertama 2024, yang dikenal sebagai ‘bulan serigala’ (wolf moon), akan terbut malam ini, Kamis (25/1), dan diprediksi akan tetap terlihat hingga Jumat (27/1).

Kenapa dinamakan bulan serigala?

Melansir panduan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), istilah ini diadopsi dari terminologi suku asli Amerika, Indian. Almanak Maine Farmers mulai memakai nama-nama ‘Indian’ untuk bulan purnama pada 1930-an.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut almanak ini, pada purnama Januari terdengar lolongan kawanan serigala di luar desa di tengah dinginnya salju musim dingin.

Meski sebenarnya, menurut Smithsonian’s National Zoo and Conservation Biology Institute, srigala melolong ke arah bulan purnama “adalah mitos!”

Srigala melolong, kata lembaga ini, mungkin terdengar di malam hari. Namun, itu bukanlah perilaku yang ditujukan ke bulan. Sebaliknya, ini digunakan sebagai seruan sosial, ajakan untuk berburu, atau sebagai ekspresi teritorial.

NASA melanjutkan bulan purnama pertama di awal tahun juga punya istilah lain. Nama-nama Eropa antara lain ‘Bulan Es’ (Ice Moon) dan ‘Bulan Tua’ (Old Moon).

Di Sri Lanka, Duruthu Poya, dirayakan pada bulan purnama pertama di bulan Januari, menandai kunjungan pertama Sang Buddha ke Sri Lanka.

Ditemani planet-planet

Bulan purnama memiliki kecenderungan untuk menghilangkan bintang-bintang yang lebih redup. Namun, pengamat langit dapat mencari planet-planet yang cukup terang yang tak dikaburkan cahaya Bulan.

Pada 25 Januari, tepat setelah matahari terbenam, Saturnus dan Jupiter dapat dilihat.

Syaratnya, cuaca di kota Anda tidak mendung atau hujan.

“Pastikan Anda siap menghadapi cuaca dingin dan manfaatkan awal Matahari terbenam ini untuk menikmati dan berbagi keajaiban langit malam,” lanjut NASA.

Kapan puncak ‘bulan serigala’ ini?

Menurut Planetarium dan Observatorium Jakarta, di akun Instagramnya, purnama pertama 2024 akan jatuh pada Kamis (25/1) dengan waktu terbit pukul 18.41 WIB.

Bulan purnama akan memuncak pada Jumat (26/1) dini hari pukul 00.53 WIB. Saat itu, jarak Bumi ke Bulan sekitar 400.993 km. Bulan purnama ini akan terbenam pada pukul 06.10 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com