WhatsApp Terapkan Fitur Passkey di Android, Login Tanpa Repot

Apa ciri-ciri pengguna WhatsApp GB? Beberapa tampilan dan fiturnya bisa jadi penanda.

Jakarta, CNN Indonesia

Pengguna WhatsApp di Android bisa mengucapkan selamat tinggal pada autentikasi dua faktor SMS yang bikin ribet usai hadirnya fitur passkey atau kunci sandi.

Perusahaan milik Meta mengumumkan di X (sebelumnya Twitter) bahwa mereka meluncurkan dukungan untuk fitur kunci sandi tanpa kata sandi untuk semua pengguna Android.

Pengguna android dapat masuk kembali dengan mudah dan aman menggunakan kunci sandi berupa cuma wajah, sidik jari, atau pin Anda yang dapat membuka kunci akun WhatsApp Anda,” demikian keterangan di akun resminya, Senin (16/10) malam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal ini mengikuti jejak Google yang mulai meminta pengguna membuat passkey pada pekan lalu.

Kunci sandi sebelumnya sedang diuji oleh WhatsApp versi beta. The Verge menghubungi Meta mengenai peluang fitur serupa di ponsel dengan sistem operasi iOS alias iPhone. Namun, sejauh ini belum ada respons.

Fitur ini dinilai sebagai langkah kecil menuju penghapusan kata sandi (password) yang berpotensi dicuri karena pelanggaran data atau disusupi oleh modus phishing.

Hal ini tidak berarti bahwa 2 miliar lebih pengguna WhatsApp sepenuhnya terlindungi dari semua ancaman digital.

Fitur passkey ini akan membantu membuat segalanya lebih mudah dan aman bagi mereka yang sudah memiliki kebiasaan menggunakan kata sandi yang baik dan mereka yang masih menyetel kata sandinya ke “12345,” contohnya.

Apa itu passkey?

Kunci sandi berperan menggantikan password tradisional dengan metode autentikasi perangkat Anda sendiri.

Dengan begitu, Anda bisa masuk ke berbagai layanan, termasuk WhatsApp dan Gmail, hanya dengan mengaktifkan Face ID di iPhone, sensor sidik jari ponsel Android, atau dengan Windows Hello di PC.

Fitur ini dibangun pada teknologi WebAuthn (atau Autentikasi Web).

Dua kunci berbeda dihasilkan saat Anda membuat passkey: satu disimpan oleh situs web atau layanan tempat akun Anda berada, dan kunci pribadi yang disimpan di perangkat yang Anda gunakan untuk memverifikasi identitas.

Bagaimana jika gadget Anda rusak atau hilang? Passkey berfungsi di beberapa perangkat, sehingga Anda bisa memiliki cadangannya.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)




Sumber: www.cnnindonesia.com