WhatsApp Rancang Fitur Berbagi File di Lokasi Berdekatan bak AirDrop

Sebelum down hari ini, WhatsApp memiliki riwayat down pada bulan yang sama pada tahun lalu. Selalu ada Oktober keramat?


Jakarta, CNN Indonesia

Aplikasi pesan instan WhatsApp tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan berbagi file antar pengguna yang ada di lokasi berdekatan seperti fitur AirDrop milik iPhone.

Fitur baru tersebut diperlihatkan WhatsApp dalam WhatsApp beta versi 2.24.2.20. Fitur ini memungkinkan pengguna mentransfer file melalui bluetooth dengan cara menggoyangkan ponsel.

Dalam sebuah tangkapan layar yang dibagikan WABetainfo, para pengguna beta akan dapat menjelajahi fitur baru untuk berbagi file dengan mudah dengan orang-orang di lokasi yang berdekatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tangkapan layar tersebut mengungkapkan bahwa kedua pengguna harus membuka bagian “People Nearby” untuk mengirim dan menerima file.

Kemudian, pengguna perlu menggoyangkan perangkat untuk membuat permintaan berbagi, lalu menjaga posisi tetap dekat untuk pertukaran file.

Seperti komunikasi lainnya di WhatsApp, fitur berbagi file ini juga dienkripsi secara end-to-end untuk memastikan keamanan pengguna.

Implementasi fitur ini di WhatsApp akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam platform tersebut, karena ada opsi lain untuk berkirim file selain mengirim lewat pesan seperti biasanya. Fitur ini juga akan membuat proses berbagi file menjadi lebih cepat dan praktis.

Lebih lanjut, nomor telepon pengguna selalu disembunyikan untuk non-kontak, memastikan privasi dan keamanan dalam setiap pertukaran file.

Fitur berbagi file dengan menggoyangkan ponsel ini belum tersedia untuk pengguna secara luas.

Umumnya, fitur yang diuji dalam versi beta akan diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang. Namun, tidak menutup kemungkinan fitur beta batal dirilis untuk pengguna luas karena beberapa pertimbangan.

WhatsApp sendiri belum mengumumkan kapan fitur berbagi file untuk pengguna yang berada di lokasi berdekatan ini akan diluncurkan.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com