WhatsApp Luncurkan Fitur Pesan Video Instan, Mirip Voice Note

Whatsapp sedang mengujicoba fitur yang membuat pengguna bisa mengirim status via voice note.

Jakarta, CNN Indonesia

Aplikasi pesan instan WhatsApp meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna merekam dan mengirim video secara langsung di dalam aplikasi.

Pesan video instan itu dapat berdurasi hingga 60 detik, dan juga dilindungi dengan layanan enkripsi end-to-end dari aplikasi ini.

“Kami pikir ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, apakah itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar gembira,” ujar perusahaan dalam sebuah postingan blog, mengutip CNN, Minggu (30/7).

Fitur baru ini akan mirip dengan mengirim pesan suara pada platform dan juga akan ada cara untuk merekam video secara hands-free.

Perusahaan mengatakan pembaruan baru ini sudah mulai diluncurkan di aplikasi dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan.

Awal tahun ini, WhatsApp meluncurkan pembaruan yang memungkinkan pengguna mengedit pesan dalam aplikasi (selama masih dalam waktu 15 menit setelah pengiriman).

Pembaruan produk terbaru untuk WhatsApp hadir setelah laporan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan dari Meta. Perusahaan mengatakan pada hari Rabu bahwa pendapatan melonjak 11% dari tahun ke tahun menjadi $32 miliar untuk kuartal yang berakhir pada bulan Juni, karena “tahun efisiensi” CEO Mark Zuckerberg tampaknya membuahkan hasil bagi raksasa media sosial tersebut.

Setelah babak belur pada tahun 2022, saham Meta melonjak lebih dari 150 persen pada tahun 2023.

Sebelum ini, WhatsApp juga telah meluncurkan beragam fitur baru, salah satunya fitur yang memungkinkan pengguna mentransfer chat hanya dengan memindai QR Code.

Fitur transfer chat yang mem-bypass data di cloud hanya dengan memindai kode QR yang ditampilkan di ponsel lama pengguna dengan ponsel baru pengguna. Fitur baru ini berpotensi membuat proses transfer chat lebih cepat dan mudah daripada cara sebelumnya.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga dikabarkan sedang menguji fitur untuk menyembunyikan nomor ponsel pengguna dari orang asing di kolom Community. Fitur teranyar ini disebut akan hadir dalam pembaruan WhatsApp Beta terbaru, baik untuk perangkat Android maupun iOS.

Fitur ini akan hadir untuk WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.14.19 dan WhatsApp beta untuk iOS versi 23.14.0.70.

Fitur ini akan hadir untuk sejumlah pengguna, dan akan diluncurkan untuk pengguna yang lebih luas dalam beberapa pekan mendatang.

Dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp diam-diam mulai menguji coba fitur baru untuk komunitas yang akan menambahkan lapisan privasi ekstra ke akun pengguna saat bergabung dengan komunitas tertentu.

(dmi/ain)





Sumber: www.cnnindonesia.com