Warga RI Juara Satu Kecanduan Hp di Dunia, Habiskan 6 Jam Sehari

Untuk memastikan SIM card Anda terdaftar atau belum, lakukan cara cek status kartu SIM yang sudah teregistrasi 2023 berikut sesuai provider masing-masing.

Daftar Isi



  • Dampak buruk kecanduan Hp

Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara yang menghabiskan waktu terlama dalam menggunakan perangkat mobile per harinya. Tanda-tanda warga RI kecanduan Hp?

Dalam laporan State of Mobile 2024 yang dirilis Data.AI, warga Indonesia menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti Hp dan tablet pada 2023 mencapai rata-rata 6,05 jam per harinya.

Indonesia sudah menempati peringkat teratas sebagai negara yang warganya menghabiskan waktu terlama dalam menggunakan Hp sejak 2020. Sejak tahun itu, rata-rata penggunaan Hp setiap harinya terus meningkat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tahun 2020 misalnya, rata-rata warga RI menggunakan Hp selama 5,63 jam per hari. Angka itu kemudian meningkat pada tahun 2021 menjadi 5,99 jam per hari, dan 6,14 jam per hari pada 2022.

Sepanjang tahun lalu, hanya warga Indonesia yang menggunakan Hp lebih dari 6 jam. Di posisi kedua ada negara tetangga Thailand dengan 5,64 jam per hari.

Kemudian, disusul Argentina di posisi ketiga dengan 5,33 jam per hari, Arab Saudi di posisi keempat dengan 5,28 jam sehari, dan Brazil menggenapi posisi lima besar dengan 5,02 jam sehari.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa Indonesia paling banyak menghabiskan waktunya di Hp atau tablet untuk menggunakan media sosial. Dari lima besar aplikasi yang paling lama dikunjungi per harinya, empat di antaranya adalah platform media sosial.

Warga RI tercatat paling lama menghabiskan waktunya untuk menggunakan aplikasi YouTube, kemudian disusul TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Chrome Browser.

Dampak buruk kecanduan Hp

Penggunaan Hp yang terlalu sering sampai kecanduan tentu memiliki dampak buruk. Misalnya, kehilangan waktu berkualitas dengan teman atau keluarga.

Berikut adalah beberapa efek negatif dari penggunaan Hp yang berlebihan, mengutip Verizon.

Masalah kesehatan mental

Penelitian membuktikan bahwa penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Remaja yang kecanduan ponsel cenderung mengalami stres kronis dan memiliki kestabilan emosi yang rendah.

Kualitas tidur yang buruk

Scrolling ponsel sebelum tidur dapat menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas. Para peneliti di Ohio State University mempelajari mahasiswa yang menggunakan ponsel mereka rata-rata 46,6 menit per malam dan menemukan hubungan antara penggunaan ponsel dan kualitas tidur.

Penggunaan Hp berlebihan menyebabkan insomnia dan mungkin juga berkontribusi pada berkurangnya jam tidur, ketidakmampuan untuk tertidur, dan kualitas tidur yang rendah.

Meningkatnya risiko kecelakaan mobil

Menggunakan ponsel saat mengemudi berbahaya dan menyebabkan mengalihkan pandangan dari jalan. Pengguna Hp yang kecanduan perangkat mereka lebih cenderung menggunakannya saat mengemudi, sehingga meningkatkan risiko terlibat dalam kecelakaan mobil. Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), 2,9 persen pengemudi menggunakan perangkat genggam saat mengemudi.

Prestasi sekolah yang buruk

Penggunaan Hp berlebihan bagi anak juga bisa berdampak pada prestasinya di sekolah. Penggunaan Hp di kelas akan membuat anak-anak kesulitan untuk fokus belajar. Kurangnya keterlibatan di kelas dapat menyebabkan masalah di sekolah, termasuk nilai yang buruk atau tindakan disipliner.

Performa kerja yang buruk

Sekitar 70 persen karyawan di Amerika Serikat selalu memegang ponsel mereka dalam jangkauan mata saat mereka bekerja. Terganggu oleh ponsel saat bekerja juga dapat menyebabkan konsekuensi yang parah, seperti kinerja yang buruk atau bahkan pemutusan hubungan kerja.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com