Wahana Visi Indonesia Gelar T4CED, Dukung Literasi Digital di Sekolah

Wahana Visi Indonesia menuntaskan rangkaian kegiatan Tech for Children Education & Development (T4CED) terkait literasi digital di sejumlah sekolah di Jakarta.


Jakarta, CNN Indonesia

Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar Digital Exhibition yang menampilkan hasil pembelajaran siswa serta final workshop bagi siswa dan guru yang menjadi rangkaian kegiatan Tech for Children Education & Development (T4CED).

Sebelumnya, sejak Oktober 2023, WVI menyelenggarakan kegiatan pembelajaran tambahan guna meningkatkan kemampuan digital terhadap 160 siswa dan 33 guru di sejumlah sekolah di Jakarta.

General Manager Zonal Sambawa – WVI, Johny Noya menjelaskan, Digital Exhibition yang menghadirkan Kalananti by Ruang Guru sebagai narasumber workshop merupakan wujud apresiasi terhadap siswa yang telah menyelesaikan seri pembelajaran, serta memberi kesempatan untuk menampilkan hal yang sudah dipelajari selama seri pembelajaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Johny, saat ini digital sudah menjadi kebutuhan, termasuk bagi anak-anak jaman sekarang. Dirinya pun menyampaikan terima kasih atas dukungan para orang tua terhadap T4CED.

“Terima kasih kepada orang tua yang telah berkomitmen mengizinkan dan mendorong waktu kegiatan positif yang menyenangkan di luar jam sekolah, agar anak-anak dapat mengembangkan kemampuan di dunia digital, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dan bersaing di era digital saat ini,” katanya.

Melalui program T4CED yang didukung KakaoBank, Wahana Visi Indonesia mengadakan kursus komputer dan pengenalan bahasa pemrograman yang bertujuan mendorong ketertarikan anak-anak akan dunia digital.

Project Manager WVI, Yonathan Prasha mengatakan, perkembangan teknologi yang tak terbantahkan semestinya disikapi dengan bijaksana.

“Kita perlu mendorong anak-anak untuk berani dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan perkembangan dunia digital,” ujar Yonathan.

Yonathan menambahkan, literasi digital menunjukkan bahwa penguasaan teknologi digital dapat menjadi sarana untuk mencapai tujuan berkelanjutan, misalnya dalam akses informasi dan pendidikan yang masuk dalam Sustainable Development Goals (SDGs) WVI ke-4 dan ke-9.

Dengan kemampuan menggunakan teknologi digital, seseorang akan dapat mengakses sumber daya pendidikan online, pelatihan, dan informasi yang relevan.

Pada saat bersamaan, digital literasi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran terkait isu-isu lingkungan, serta mendukung upaya perlindungan lingkungan yang sejalan dengan SDG 13, yakni melalui penyebaran Informasi dan pendidikan digital.

Salah seorang siswa peserta menyatakan, dirinya mendapat banyak manfaat dari kegiatan T4CED. Kini, siswa itu bisa mengajarkan coding kepada anggota keluarga di rumah.

T4CED lalu ditutup dengan acara yang menandai kelulusan siswa pada pembelajaran. Adapun pendampingan tersebut diberikan antara lain kepada SD Negeri Cipinang Muara 19, SD Swasta YPBK, SD Swasta Dian Harapan, SD Swasta Nurul Yaqin, MI Nurul Islam Kamal Muara, dan SD Negeri Balimester 01.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com