Viral Laba-laba ‘Terpikat’ Pemakai Skincare, Ahli Beberkan Fakta

Salah satu body butter yang dirilis di Sephora.com diklaim

Jakarta, CNN Indonesia

Delícia Drench Body Butter dari Sol de Janeiro, salah satu produk kecantikan yang diluncurkan di situs Sephora.com, menjadi buah bibir netizen imbas dugaan bisa ‘menarik’ laba-laba.

Merek Sol de Janeiro menjadi viral di X dan Reddit, pekan ini, setelah pengguna mengunggah pengakuan bahwa mereka dikejar, digigit, dan ‘dirayu’ oleh laba-laba serigala (wolf spiders) setelah menggunakan pelembap baru merek tersebut.

Mulanya, kreator konten pengulas Sephora, chemkats, mengaku aroma body butter ini menyenangkan sebelum kemudian mendapatkan fakta bahwa dirinya “menarik laba-laba serigala.”


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Aku sangat berharap menyukainya, tapi salah satu bahannya seperti kryptonite buat laba-laba serigala! Kalau saya pakai langsung ada [laba-laba] yang keluar,” tulis reviewer tersebut.

Pengulas lainnya mengaku biasanya melihat laba-laba tersebut “setiap 3 tahun,” tetapi sejak menggunakan lotion tersebut laba-laba serigala itu terlihat “setiap hari.”

“Oh dan suatu saat, laba-laba itu sangat ingin memakan bahan apa pun sehingga ia mengejar saya,” lanjut chemkats. “Bak sah saja buat mengikuti baunya.”

Beberapa pengguna Reddit memberikan komentar untuk tetap berhati-hati karena bisa saja pengakuan semacam ini adalah strategu buat menebar kebencian terhadap produk tersebut.

“Apakah mereka hanya mencoba bermain-main, atau apakah mereka benar-benar memiliki keluhan terhadap Sol de Janeiro masih belum pasti,” tulis seorang pengguna Reddit di thread yang memperingatkan orang lain tentang chemkats.

Tak andalkan aroma

Pakar menyebut laba-laba serigala adalah “pemburu visual,” dan hanya akan mencoba memangsa target yang lebih kecil. Mereka juga tidak memakan darah manusia, sehingga umumnya tidak punya alasan untuk mendekati manusia.

Penelitian mengenai senyawa spesifik yang membentuk feromon laba-laba serigala masih terbatas. Namun, sangat kecil kemungkinannya bahwa produk kecantikan umum akan membuat mereka menjadi gila berburu (atau kawin).

“Saya percaya pestisida bisa berbahaya, meskipun diperlukan, dan laba-laba adalah cara alami untuk mencegah populasi serangga berbahaya!” kata pengguna Reddit itu.

Catherine Scott, ahli ekologi perilaku laba-laba dan peneliti pascadoktoral di Lyman Lab di McGill University, mengatakan perkawinan laba-laba serigala melibatkan sinyal visual dan getaran, bukan hanya aroma.

“Mereka memiliki penglihatan yang sangat baik dan mereka tidak akan berlari begitu saja ke arah sumber bau, meskipun baunya seperti calon pasangannya, kecuali jika ia juga terlihat seperti laba-laba,” kata dia.

Meski demikian, katanya, “secara teknis mungkin” lotion tersebut mengandung senyawa yang membuat penasaran laba-laba, jika pengguna memang benar mengidentifikasinya sebagai laba-laba serigala.

Satwa tersebut bisa saja mengira mereka mengikuti isyarat kimia yang terkait dengan mangsanya.

“Tetapi cerita tentang laba-laba yang mengejar orang yang memakainya tidak benar,” lanjut Scott.

“Suara ini khas ketika orang banyak bergerak di dekat laba-laba dan ia ketakutan, sehingga ia mencoba lari mencari perlindungan, sering kali ke lokasi bayangan orang tersebut.”

“Hal itu membuat orang tersebut berpikir bahwa laba-laba sedang ‘menyerang’, padahal sebenarnya ia (laba-laba) mencoba untuk bersembunyi,” jelas dia.

Antara feromon atau kairomon di halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com