Usai Debat Capres, Lagi-lagi Anies Jadi yang Paling Banyak Di-mention

Drone Emprit mengungkap netizen paling banyak me-mention capres nomor urut 1 Anies Baswedan seusai debat capres Minggu (7/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Melanjutkan tren debat pertama dan ketika debat ketiga berlangsung, calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjadi yang paling banyak dibicarakan dan di-mention netizen pada periode seusai debat ketiga, Minggu (7/1).

Dalam data analisis Drone Emprit pada 7 Januari pukul 22.00 WIB hingga 8 Januari pukul 23.59, Anies disebut mendapat total 442.382 mention dengan rincian 42.301 mendapat di Twitter atau X dan 13.093 mention di media berita online Tanah Air.

Anies total mengambil 37 persen dari total perbincangan di seluruh media. Angka tersebut unggul dari capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang mencatatkan perbincangan 34 persen dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dengan 29 persen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

[Gambas:Twitter]

Grafik trend volume percakapan di Twitter/X dan media online (tidak signifikan totalnya dibanding X), memperlihatkan trend Anies (biru) dominan paling atas, diikuti oleh Prabowo (hijau), dan terakhir Ganjar (ungu),” ujar Founder Drone Emprit Ismail Fahmi di akun X, Selasa (9/1).

Ada beberapa kata kunci yang digunakan untuk memperbincangkan Anies di media sosial, yakni Anies, abah owl, abah online, El Chef, Wan Angin, aniesbaswedan, capres 01, capres 1, paslon 01, paslon 1.

Anies sendiri mendapat sentimen positif yang cukup tinggi pascadebat capres dengan persentase 71 persen. Persentase sentimen positif ini yang tertinggi dibandingkan Prabowo (31 persen) dan Ganjar (69 persen).

Mantan Gubernur DKI itu juga mendapatkan 23 persen sentimen negatif dan 6 persen sentimen netral. Analisis sentimen ini didapatkan dari 106.016 penulis aktif yang dianalisis oleh Drone Emprit.

Dalam dua analisis sebelumnya, Drone Emprit juga menempatkan Anies sebagai sosok yang paling banyak dibincangkan dan di-mention.

Hal ini terutama terkait dengan serangan gencarnya terhadap Prabowo, terutama terkait kepemilikan 240 hektare lahan. Alhasil, Anies dijuluki netizen sebagai El Chef lantaran terus menggoreng Prabowo.

Sementara, capres lainnya mendapat julukan El Gemoy untuk Prabowo, dan El Chudai untuk Ganjar.

Dari ketiga nama tersebut, julukan Prabowo menjadi yang paling populer dan paling banyak disebut di Twitter.

Dari ketiga nama ini, trend posisi mereka di TT Twitter diperlihatkan oleh grafik ini. El Gemoy and El Chudai bergantian di posisi atas, diikuti oleh El Chef,” tulis Ismail.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com