Usai 3G, XL Matikan Jaringan 2G Bertahap

XL Axiata bakal menyuntik mati jaringan 2G, usai merampungkan shutdown jaringan 3G.

Jakarta, CNN Indonesia

XL Axiata bakal menyuntik mati jaringan 2G, usai merampungkan shutdown jaringan 3G. Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengungkapkan keputusan ini diambil lantaran 2G sudah sepi pengguna.

“Jadi setelah kita shutdown 3G, 2G pun kita mulai kurangi juga perlahan-lahan. Karena kita lihat beberapa tempat di Jakarta sudah jarang memakai 2G,” ujar Gede saat sesi Media Update Kinerja XL Axiata Pertengahan 2023, Senin (31/7).

Kendati demikian, Gede menyatakan penghentian 2G bakal dilakukan bertahap karena masih ada pelanggan yang menggunakan, di antaranya untuk mesin-mesin pembayaran perbankan alias EDC. Selain itu, masih banyak juga konsumen yang menggunakan jaringan ini untuk layanan SMS.

“Nah itu sumber revenue yang masih cukup besar sehingga shutdown 2G tidak bisa dilakukan,” tuturnya.

Nantinya jika layanan perbankan sudah beralih ke 4G, maka pihaknya bisa bertahap memadamkan 2G di XL Axiata.

Lebih lanjut, ia menjelaskan saat ini pihaknya berfokus mendukung bisnis layanan data dan Fixed-mobile convergence (FMC), sedangkan untuk BTS 2G tak ada penambahan ekspansi layanan lantaran sepi pengguna.

“Sementara juga (2G) masih dipertahankan dengan jumlah yang relative tidak ada penambahan lagi,” tuturnya.

Sebelumnya, CEO XL Axiata Dian Siswarini menyebutkan pihaknya sudah merampungkan shutdown 3G pada akhir 2022. Pengguna kini sudah beralih ke layanan 4G untuk layanan data yang lebih cepat.

“Yang sudah dilakukan di 2022, kami menyelesaikan 3G shutdown. Sehingga spektrum yang sebelumnya digunakan jaringan 3G sekarang sudah di refarming dan digunakan sepenuhnya untuk 4G,” kata Dian pada Maret lalu.

Meski sudah menyuntik mati 3G, XL menyadari peningkatan layanan 2G, terkhusus di wilayah Madura, Jawa Timur.

“Kemarin banyak banget (layanan) voice-nya, begitu 3G shutdown, 2G malah nambah voice. Di Madura masih besar karena senang ngobrol kulturnya,” kata Gede.

Namun demikian, total pengguna layana 2G di perusahaanya sudah tersisa sedikit. Gede menyebut dari total pengguna XL Axiata, sebanyak 93 persen sudah beralih ke 4G.

[Gambas:Video CNN]

(can/dmi)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com