Uji Teori Elon Musk, YouTuber Raup Rp4 Miliaran Usai Unggah Video di X

Influencer YouTube MrBeast mengaku berhasil mendapat uang hingga Rp4,18 miliar dari hasil postingan sebuah video di X.


Jakarta, CNN Indonesia

Influencer YouTube MrBeast mengaku berhasil mendapat uang hingga US$263.655 (setara Rp4,18 miliar) dari hasil postingan sebuah video di X, perusahaan media sosial milik Elon Musk yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Ini menjadi tanda seberapa besar potensi yang dapat dihasilkan oleh para influencer media sosial dunia maya dari program pembagian pendapatan iklan yang baru dari platform sosial tersebut.

“Video X pertama saya menghasilkan lebih dari $250.000!” tulis MrBeast, yang memiliki nama asli Jimmy Donaldson dalam sebuah postingan di platform tersebut, mengutip CNN, Kamis (25/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam unggahan tersebut, dia juga membagikan tangkapan layar dari layar pembayaran kreator X, yang menunjukkan bahwa postingan tersebut telah menghasilkan $263.655.

Elon Musk, pada Juli lalu meluncurkan program baru untuk membagikan sebagian pendapatan dari iklan yang ditampilkan dalam balasan untuk konten yang paling banyak dilihat kepada para kreator yang mempostingnya, selama mereka berlangganan layanan premium platform tersebut.

Program ini bertujuan untuk mendorong lebih banyak kreator memposting konten berkualitas tinggi ke X yang akan menarik bagi para pengiklan, karena perusahaan ini sedang berjuang untuk menghidupkan kembali bisnis iklan intinya.

Program ini juga membuat X lebih sejajar dengan perusahaan media sosial saingannya, termasuk Meta, YouTube, dan TikTok, yang semuanya memiliki sistem untuk membayar para kreator untuk traffic dan pendapatan iklan yang mereka hasilkan.

MrBeast sebelumnya lebih dikenal di platform YouTube. Bulan lalu, ia mengaku tidak berencana untuk secara teratur mengunggah kontennya ke X.

“Video saya menghabiskan biaya jutaan untuk dibuat dan bahkan jika video tersebut ditonton satu miliar kali di X, itu tidak akan mendanai sebagian kecilnya,” cuitnyadi X, sebagai tanggapan atas permintaan Musk yang memintanya untuk mengunggah videonya di platform tersebut.

Namun pekan lalu, MrBeast memutuskan untuk menjajal program bagi hasil iklan X dengan mengunggah salah satu video lamanya, tentang mencoba berbagai mobil mahal, ke platform tersebut. Pada hari Selasa, video tersebut telah ditonton lebih dari 160 juta kali.

Setelah menerima pembayaran dari X, MrBeast mengatakan ia berencana untuk memberikan uang yang diperolehnya kepada “10 orang secara acak yang memposting ulang ini dan mengikuti saya” di X. Ia tidak mengindikasikan apakah ia berencana untuk terus berbagi video di platform tersebut.

Pembayaran kepada MrBeast menunjukkan para kreator dapat memperoleh uang yang berarti dari program X, meskipun bisnis iklan perusahaan ini jauh lebih kecil daripada para pesaingnya. Tetapi bahkan MrBeast memperingatkan bahwa kreator lain mungkin tidak memiliki pengalaman yang sama.

“Tapi ini hanya sebuah kedok. Pengiklan melihat perhatian yang didapat dan membeli iklan di video saya (saya pikir) dan dengan demikian pendapatan saya per tayangan mungkin lebih tinggi daripada yang Anda alami,” ujar dia.

Bayaran MrBeast juga kemungkinan besar meningkat berkat jumlah pengikutnya yang signifikan di platform tersebut, yang mungkin berarti postingannya, dan iklan di bawahnya, mendapatkan keterlibatan yang kuat. MrBeast memiliki lebih dari 27,5 juta pengikut di X, jauh di atas jumlah pengikut influencer terkenal lainnya seperti Logan Paul dan Charli D’Amelio.

Namun, tidak semua orang senang dengan program kreator baru X.

Mantan aparat penegak hukum yang berubah menjadi komentator politik konservatif Dan Bongino, yang dilarang dari YouTube karena memposting informasi yang salah tentang Covid-19 pada tahun 2022, pada hari Selasa mengunggah tangkapan layar ke X yang menunjukkan bahwa dia telah menerima pembayaran dari platform tersebut hanya sebesar $ 379 dan menyebut pembayaran kepada MrBeast “curang”.

Kritik terhadap X juga telah meningkatkan alarm bahwa pelanggan X Premium yang membayar, yang telah memiliki postingan mereka didorong oleh algoritma platform, dapat mendorong mereka untuk memposting lebih banyak konten yang menghasut atau menyinggung dalam upaya untuk mengumpulkan lebih banyak keterlibatan.

Pengawas media progresif Media Matters, misalnya, melaporkan pada bulan November bahwa seorang pengguna X yang telah memuji Adolf Hitler telah memposting tentang menerima sekitar $3.000 dalam bentuk pembayaran dari program pembagian pendapatan iklan X. 

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com