Twitter Berubah Jadi X, Muncul Peringatan Scam di Microsoft Edge

Logo baru Twitter mulai dipamerkan secara luas hingga dipasang sebagai profil picture pemiliknya, Elon Musk.

Jakarta, CNN Indonesia

Keputusan Elon Musk mengubah jenama Twitter menjadi X menyebabkan browser Microsoft Edge mengeluarkan peringatan yang mengindikasikan masalah keamanan.

Hal ini berkaitan dengan cara Edge dan browser web berbasis Chromium lainnya menangani favicon atau Progressive Web App (PWA) Icon Change. Perubahan nama Twitter menjadi X yang mendadak dianggap Microsoft Edge sebagai tindak penipuan atau scam.

Peringatan keamanan meminta pengguna untuk meninjau pembaruan ikon dan berbunyi, “Jika aplikasi web ini mencoba mengelabui Anda dengan mengira ini adalah aplikasi yang berbeda, hapus instalasinya.”

Namun, seperti yang ditunjukkan Bleeping Computer, PWA berfungsi sebagaimana mestinya. Fitur ini bakal memperingatkan pengguna ketika situs tiba-tiba mengubah favicon-nya karena hal itu dapat mengindikasikan potensi pengalihan ke situs web penipuan, mengutip Endgadget.

Masalah ini mirip dengan pemblokiran situs X oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Situs x.com yang mestinya sudah bisa redirect ke web twitter.com sempat diblokir di Indonesia buntut pemakaian tak sesuai perundangan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong mengakui ada penggunaan situs yang tak sesuai perundangan.

“X.com sebelumnya pernah dipakai untuk situasi lainnya yang tidak sesuai dengan perundangan kita, masuk dalam list blokir Kominfo,” kata Usman.

Namun begitu, pemblokiran ini sudah dibuka dan pengguna sudah bisa mengakses situs X.com yang sebelumnya bernama Twitter.

Masalah-masalah ini menjadi indikasi betapa mendadak transisi Twitter ke X. Perusahaan lain seperti Meta dan Microsoft telah memiliki merek dagang untuk variasi X, yang dapat membuat perusahaan Musk menghadapi tuntutan hukum.

X bahkan mengalami masalah ketika mencoba mengubah papan nama di kantor pusatnya di San Francisco, karena tidak memiliki izin yang diperlukan. Perusahaan ini harus membatalkan rencana perubahan wajahnya dan membiarkan logo burung dan huruf “er” yang lama tetap utuh selama sekitar satu hari.

[Gambas:Video CNN]

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com