Twitch Korea Selatan Tutup Mulai Tahun Depan, Simak Alasannya

Raksasa streaming Twitch bakal menutup operasionalnya di Korea Selatan per Februari 2024.


Jakarta, CNN Indonesia

Raksasa streaming Twitch bakal menutup operasionalnya di Korea Selatan per Februari 2024. Twitch di Korsel tutup karena tak mampu membayar biaya operasional dan biaya jaringan.

“Twitch telah beroperasi di Korea dengan kerugian yang signifikan, dan sayangnya tidak ada jalan ke depan bagi bisnis kami untuk berjalan lebih berkelanjutan di negara tersebut,” kata CEO Dan Clancy pada Selasa (5/12), dikutip dari Reuters.

Clancy mengatakan biaya jaringan di Korea 10 kali lebih mahal dibandingkan dengan kebanyakan negara lain. Ia menyebut perusahaannya telah melakukan banyak upaya untuk mengurangi biaya operasional agar tetap dapat bertahan dalam bisnis.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada Maret, Twitch bahkan telah memberhentikan lebih dari 400 karyawan setelah pertumbuhan pengguna dan pendapatannya tidak sesuai dengan harapan.

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa biaya penggunaan jaringan sedang ditinjau sebagai “masalah komprehensif yang membutuhkan pertimbangan pengembangan jaringan internet yang berkelanjutan, industri konten, dan kenyamanan pengguna”.

Meski demikian, kementerian ini tidak berkomentar secara langsung tentang keputusan Twitch untuk mengakhiri operasinya.

Lebih lanjut, perdebatan mengenai siapa yang harus menanggung biaya atas peningkatan penggunaan trafik telah membuat raksasa teknologi global berselisih dengan penyedia internet lokal di Korea Selatan.

Awal tahun ini, Netflix dan penyedia layanan internet Korea Selatan, SK Broadband, mencabut tuntutan hukum terhadap satu sama lain atas biaya penggunaan jaringan.

Pada 2022, Twitch membatasi resolusi video di Korea Selatan, sebuah negara dengan kancah e-sports dan penggunaan video game online yang tengah berkembang pesat, dengan alasan biaya operasional yang terus meningkat.

Penutupan Twitch di Korea Selasa menjadi kabar baik bagi pesaingnya di negara tersebut. Saham Afreeca TV (067160.KQ) ditutup naik hampir 30 persen pada Rabu (6/12) setelah pengumuman tersebut.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com