TV Transparan Samsung vs LG Duel di CES 2024, Simak Kecanggihannya

CES 2024 yang digelar di Las Vegas, AS jadi ajang


Jakarta, CNN Indonesia

Customer Electronic Show (CES) 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) jadi ajang ‘duel’ dua perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung dan LG yang sama-sama memamerkan TV transparan mereka. Simak kecanggihan masing-masing TV dari dua raksasa tersebut.

Samsung memperkenalkan layar MicroLED transparan pertama di dunia pada Minggu (7/1) dalam acara First Look yang terintegrasi dengan CES 2024.

Meskipun masih belum ada informasi mengenai harga atau kapan teknologi ini akan dijual ke pasaran, Samsung memamerkan layar MicroLED transparannya berdampingan dengan model OLED transparan dan LCD transparan untuk benar-benar menyoroti perbedaan antara teknologi tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dibandingkan dengan yang lain, panel MicroLED tidak hanya lebih terang, tetapi juga menampilkan desain tanpa bingkai dan panel kaca yang lebih transparan sehingga memudahkan untuk melihat objek di belakangnya.

Secara langsung, efek yang dimiliki layar OLED mikro transparan Samsung sulit untuk dijelaskan, karena konten hampir terlihat seperti hologram saat melayang di udara. Unit demo tebalnya hanya sekitar 1 cm, yang semakin menambah ilusi layar melayang. Selain itu, karena kerapatan piksel LED mikro yang tinggi, gambar juga terlihat sangat tajam, mengutip Engadget.

Samsung mengumumkan desain modular yang memungkinkan pengguna mempersonalisasi bentuk, ukuran, dan rasio layar agar sesuai dengan ruang apapun, MicroLED adalah teknologi layar yang dinilai inovatif.

Penelitian dan pengembangan Samsung selama bertahun-tahun telah menghasilkan proses yang sangat efektif, memungkinkan sirkuit pengoperasian chip LED langsung dipasang pada kaca dan dengan demikian mengurangi hilangnya kecerahan yang mungkin dialami pengguna dengan layar konvensional.

Menurut juru bicara Samsung, karena layar MicroLED transparan memiliki kecerahan lebih tinggi dibandingkan panel OLED transparan, layar tersebut juga tidak terlalu terpengaruh oleh cahaya sekitar. Sehingga produknya tetap memancarkan cahaya yang sesuai.

Kemudian, panel MicroLED juga menampilkan desain tanpa bingkai dan panel kaca yang lebih transparan sehingga memudahkan untuk melihat objek di belakangnya.
Unit demo yang dipamerkan pada CES 2024 terlihat “berdiri bebas” dan memiliki ketebalan hanya sekitar satu sentimeter, yang semakin menambah ilusi seakan-akan layar tersebut mengambang, mengutip laman resmi Samsung.

LG pun tidak mau kalah. Dalam ajang yang sama, mereka meluncurkan OLED T yang merupakan inovasi serupa dengan MicroLED Samsung. OLED T merupakan TV OLED transparan nirkabel pertama, dengan resolusi 4K dan teknologi transmisi nirkabel LG untuk audio dan video.

LG menyampaikan produk TV OLED T ditenagai oleh prosesor Alpha 11 AI baru LG dengan kinerja empat kali lipat dari chip generasi sebelumnya. Kekuatan ekstra ini menawarkan kinerja grafis 70 persen lebih baik dan kecepatan pemrosesan 30 persen lebih cepat.

LG juga memasang apa yang disebut T-Bar pada OLED T, menambahkan berita, cuaca, judul lagu, dan lainnya seperti chyron di bagian bawah sementara bagian layar lainnya tetap jernih.

OLED T diklaim “dapat menyatu sempurna dengan dekorasi Anda dan hampir menjadi patung hidup yang menarik untuk dilihat bahkan saat Anda tidak sedang menonton konten secara aktif. TV ini juga dilengkapi dengan sekumpulan widget perangkat lunak yang dioptimalkan untuk tampilan transparan.”

Dibalik kecanggihannya, produk Samsung maupun LG masih belum mengutarakan berapa harga dari masing-masing produk transparan mereka. Namun, LG sudah menyampaikan akan segera menjual produk OLED T pada tahun ini.

(rfi/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com