Trescon-KORIKA Gelar DATE Jakarta 2024, Dorong Transformasi Digital

Trescon berkolaborasi dengan KORIKA menghadirkan pameran teknologi DATE Jakarta, ajang teknologi B2B paling berpengaruh di Asia, pada Juni 2024.

Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia siap menjadi tuan rumah pameran teknologi Digital Acceleration & Transformation Expo (DATE), pada Juni 2024. Pameran ini akan diikuti oleh lebih dari 3.000 eksekutif senior dari badan pemerintahan, perusahaan, perusahaan teknologi, startup, dan investor global.

DATE Jakarta merupakan hasil kerja sama antara KORIKA, otoritas terdepan negara dalam penelitian dan inovasi kecerdasan buatan (AI), dengan Trescon, penyelenggara acara teknologi masa depan terkemuka. Penandatanganan MoU untuk kemitraan strategis ini dilakukan di World Cloud Show, yang diselenggarakan oleh Trescon, di India pada November ini.

DATE merupakan ajang teknologi B2B paling berpengaruh di Asia, yang telah sukses digelar di India, Singapura, dan Malaysia. Ajang ini akan menampilkan beragam kegiatan, seperti konferensi, pameran, dan networking.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden KORIKA, Prof. Hammam Riza, mengatakan bahwa kerja sama tersebut lebih dari sekadar MOU, tetapi merupakan implementasi peta jalan untuk Digital Indonesia 2045 dan komitmen untuk membangun masa depan teknologi digital Indonesia.

“Dengan menyatukan kekuatan dengan Trescon untuk DATE Jakarta 2024, kami menciptakan platform tak tertandingi untuk inovasi, kolaborasi, dan pertumbuhan ekonomi digital,” tambahnya.

Sebagai informasi, lanskap digital Indonesia sedang mengalami transformasi yang luar biasa. Dengan ekonomi digital yang berkembang pesat diperkirakan mencapai US$130 miliar pada 2025, Indonesia dengan cepat memantapkan diri sebagai pusat teknologi global.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kominfo) telah memulai ‘Peta Jalan Digital Indonesia 2021-2024’ untuk memperkuat transformasi digital negara, mendorong pengembangan ekonomi melalui inovasi dan teknologi.

Salah satu kebutuhan saat ini adalah untuk memobilisasi komunitas yang akan terus menjaga aspirasi digital Indonesia tetap hidup dan berkembang.

Group CEO Trescon, Naveen Bharadwaj, menilai DATE Jakarta akan menjadi platform yang penting untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. Pameran ini akan menampilkan berbagai teknologi terbaru, termasuk AI, cloud computing, big data, dan blockchain.

“Kemitraan kami dengan KORIKA akan membantu membuat DATE Jakarta menjadi expo teknologi B2B paling berpengaruh di Indonesia,” tegasnya.

Wakil Ketua Trescon, Mithun Shetty, menambahkan bahwa dalam ambisi mereka untuk mengadopsi solusi teknologi transformatif lintas industri, mereka mengakui kekuatan inovasi sebagai katalis untuk kemajuan.

“Dengan bermitra dengan KORIKA, kami siap membuka potensi Indonesia untuk menggerakkan inovasi dan transformasi dan mendorong ekosistem inovasi yang berkembang,” papar dia.

Edisi perdana DATE yang diadakan di New Delhi, India, bulan ini membanggakan barisan pejabat terkemuka termasuk Menteri Keuangan India Smt. Nirmala Sitharaman, Menteri Negara untuk Elektronik dan Teknologi Informasi Shri Rajeev Chandrasekhar dan lebih dari 100 pembicara global, 3.000 peserta, dan lebih dari 100 peserta pameran.

DATE Jakarta akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia kemampuannya dalam bidang teknologi digital. Pameran ini juga akan menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

(rir)



Sumber: www.cnnindonesia.com