Transformasi Digital, Kunci Kominfo Dukung Pembangunan Smart City

Siaran TV analog di Surabaya dan sekitarnya akan dimatikan mulai Selasa (20/12) pukul 24.00 WIB.

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah berencana membangun 100 smart city (kota pintar) di seluruh Indonesia. Dalam rangka mendukung rencana ini, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, menilai transformasi digital menjadi kunci bagi Kementerian Kominfo untuk mendukung pembangunan smart city.

“Transformasi digital adalah kunci bagi kita untuk mendukung pembangunan smart city. Dengan transformasi digital, kita dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik,” ujarnya dalam sebuah diskusi yang dikutip pada Senin (6/11).

Dia memaparkan, transformasi digital dapat diwujudkan melalui tiga pilar, yaitu infrastruktur digital, sumber daya manusia, dan ekosistem digital.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, infrastruktur digital yang kuat merupakan fondasi bagi pembangunan smart city. Hal ini dikarenakan untuk menghubungkan berbagai elemen smart city, seperti sistem pemerintahan, infrastruktur, dan masyarakat, diperlukan jaringan infrastruktur yang kuat.

Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat infrastruktur digital, antara lain dengan membangun jaringan fiber optic, peluncuran satelit SATRIA-1, dan meningkatkan kapasitas internet melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Pilar kedua, Budi Arie melanjutkan, sumber daya manusia yang kompeten di bidang digital merupakan kunci bagi keberhasilan pembangunan smart city.

“Kita perlu memastikan bahwa masyarakat memiliki keterampilan digital yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan smart city,” kata Budi Arie.

Kominfo telah meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat, antara lain Digital Talent Academy dan Digital Entrepreneurship Academy.

Pilar ketiga adalah ekosistem digital. Budi Arie mengatakan bahwa ekosistem digital yang sehat akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan smart city.

“Ekosistem digital yang sehat akan mendorong inovasi dan kolaborasi di bidang teknologi,” kata Budi Arie.

Maka dari itu, Kominfo juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan keamanan data, antara lain dengan meluncurkan program keamanan siber dan bekerja sama dengan platform digital untuk melindungi data pengguna.

Transformasi digital merupakan kunci untuk mendukung pembangunan 100 smart city yang dicanangkan pemerintah. Dengan kerja sama dari semua pihak, Indonesia dapat mewujudkan smart city yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

(osc)




Sumber: www.cnnindonesia.com