TikTok Rilis Fitur Teks Mirip Instagram saat Twitter Berubah Jadi X

Senat mengungkap RUU baru dengan misi memblokir TikTok di AS. Apa ruginya memang aplikasi dari China itu?

Jakarta, CNN Indonesia

TikTok menghadirkan fitur anyar yang menyerupai yang ada di Instagram, yaitu fitur teks. Lewat fitur ini, pengguna bisa membagikan konten dalam bentuk teks yang bisa dielaborasikan dengan suara hingga stiker.

Raksasa media sosial ini baru saja mengumumkan fitur komposisi teks yang memungkinkan pengguna untuk “berbagi cerita, puisi, lirik, dan konten tertulis lainnya, memberikan mereka cara lain untuk mengekspresikan diri.”

“Hari ini kami dengan senang hati mengumumkan perluasan postingan teks di TikTok, sebuah format baru untuk membuat konten berbasis teks yang memperluas pilihan bagi para kreator untuk berbagi ide dan mengekspresikan kreativitas mereka,” mengutip Newsroom TikTok.

Perangkatnya tampak cukup sederhana. Cukup buka halaman Kamera pada aplikasi TikTok dan pilih dengan menggesernya ke “teks”.

Pengguna bisa mengetikkan apa pun yang diinginkan, menambahkan suara, menandai lokasi, mengaktifkan komentar dan bahkan mengintegrasikannya dengan fitur Duets.

Perusahaan mengatakan bahwa kiriman teks ini akan sama interaktif dan dinamisnya dengan kiriman video dan foto.

Untuk itu, pengguna juga bisa menambahkan warna latar belakang, tagar, dan tentu saja membubuhkan banyak stiker.

Sama seperti postingan video dan foto, pengguna bisa menyimpan postingan teks apa pun sebagai draf untuk diedit lebih lanjut atau menghapusnya jika tidak ingin seluruh jagat maya melihat postingan Anda.

Ini bukan pertama kalinya TikTok mencari inspirasi dari Instagram. Pada tahun lalu TikTok menambahkan gambar statis ke dalam perangkatnya, yang menyertai video berdurasi pendek.

Dikutip dari Engadget, mode slide foto TikTok disambut dengan antusias pengguna dan menjadi sangat populer. Perusahaan tentu berharap mode teks ini akan mengikuti jalur yang sama.

Momen perilisan fitur teks itu bertepatan dengan proses rebranding Twitter menjadi X. Twitter sendiri merupakan media sosial berbasis teks yang sudah lama menguasai segmen ini.

Pasarnya sempat digoyang Threads, ‘adiknya’ Instagram, meski tak lama.

(can/arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com