TikTok Dorong Durasi Video Lebih Panjang, Cek Alasannya

TikTok memberi opsi live streaming hanya untuk dewasa. Kontennya bisa
Jakarta, CNN Indonesia

Platform media sosial TikTok dikabarkan sedang mengupayakan memperpanjang durasi video lebih dari satu menit untuk setiap konten.

Pelopor video berdurasi pendek ini mengubah haluan dan mendorong pengguna untuk membuat dan mengonsumsi video yang lebih panjang. TikTok secara resmi akan menghentikan “program Creator Fund”, dan para kreator yang ingin memonetisasi konten mereka harus bergabung dengan “Creativity Program Beta” yang baru, di mana mereka harus membuat video yang berdurasi lebih dari satu menit jika ingin dibayar oleh aplikasi.

Selama tiga tahun terakhir, TikTok mengembangkan kapasitas untuk mengunggah video yang lebih panjang di aplikasi, meningkatkan batas waktu dari satu menit menjadi tiga menit, lima menit, dan akhirnya 10 menit. Platform ini sekarang sedang menguji unggahan berdurasi 15 menit, meskipun belum tersedia secara luas, mengutip CNN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Platform ini sudah menginformasikan kepada para kreator bahwa mereka akan menutup Creator Fund di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman, sehingga mereka tidak memiliki banyak pilihan selain bergabung dengan Creativity Program yang baru jika mereka ingin terus dibayar oleh TikTok untuk konten mereka.

Di bawah program baru ini, kreator dengan 10.000 pengikut atau lebih dapat memperoleh pembayaran dari aplikasi untuk video berdurasi lebih dari satu menit yang memenuhi sejumlah kriteria lainnya.

TikTok telah mengumumkan program ini kepada para kreator dengan menyoroti video berdurasi lebih dari satu menit mendorong audience menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat konten mereka dan “membangun kepercayaan melalui lebih banyak koneksi, informasi, dan konten edukasi,” menurut sebuah posting blog baru-baru ini dari perusahaan tersebut.

TikTok juga mengatakan bahwa para kreator akan mendapatkan bayaran lebih banyak per video di bawah Program Kreativitas yang baru. Dan beberapa kreator telah memposting tentang menghasilkan ribuan dolar di bulan-bulan pertama mereka dalam program ini.

Keluhan kreator

Kendati begitu, langkah TikTok ini mendapat pertentangan dari para kreator. Beberapa kreator kecewa dengan langkah ini, mereka khawatir hal ini akan menghilangkan apa yang awalnya membuat TikTok begitu populer, kemampuan untuk menelusuri berbagai jenis konten dengan cepat, dan hampir semua orang dapat dengan mudah membuat video tanpa perencanaan atau sumber daya yang ekstensif.

“Saya tidak selalu memiliki durasi satu menit,” ujar Nicki Apostolou, kreator TikTok dengan hampir 150.000 pengikut yang dikenal dengan nama “recycldstardust”, yang membuat konten tentang sejarah dan budaya penduduk asli Amerika di aplikasi ini.

“Saya merasa ada begitu banyak kreator di luar sana yang datang ke TikTok karena aplikasi ini adalah aplikasi video berdurasi pendek,” ujarnya, “dan sekarang mereka ingin menjadi seperti ‘YouTube mini’, dan saya merasa hal ini mengesampingkan para kreator yang datang ke sana untuk konten berdurasi pendek.”




Infografis Perjalanan Panjang Teknologi 1G Hingga 5G (Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

Dampak positif dari sisi bisnis di halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com