Telkomsel Target Luncurkan eSIM untuk Pelanggan Lokal Tahun Ini

Sejumlah netizen menyindir cara jualan masa aktif kartu prabayar Telkomsel yang cenderung mahal dan dibagi dalam berbagai kategori durasi.


Jakarta, CNN Indonesia

Telkomsel menargetkan bakal meluncurkan eSIM (embedded Subscriber Identity Module) untuk pelanggan lokal tahun ini. Telkomsel sebelumnya baru merilis eSIM khusus turis.

“Tahun ini bakal diluncurkan [eSIM untuk pelanggan lokal Telkomsel],” kata Saki saat ditemui di sela penandatanganan Nota Kesepahaman antara Telkomsel dan Google untuk pengembangan RCS di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Senin (29/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini, lanjut dia, kendala masih ada di seputar regulasi. Hingga kini, belum ada regulasi soal eSIM di tanah air. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga sampai saat ini juga masih melakukan kajian terkait implementasi eSIM.

Selain itu, Telkomsel masih ingin melihat ekosistem dan market di kalangan pelanggan.

“Kita melihat ekosistemnya dulu ya, kalau sudah banyak, otomatis pelanggan akan mulai terbiasa. Kita melihat dari sisi Telkomsel apakah kita akan buka untuk pelanggan. Kita melihat ekosistemnya dan pasarnya dulu,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, awareness pelanggan mengenai eSIM sudah ada tapi memang belum semua device bisa digunakan untuk eSIM. Pun perbedaan eSIM dan SIM card konvensional hanya terletak pada eSIM yang tidak memiliki bentuk fisik.

Sebelumnya, Telkomsel merilis eSIM untuk turis pada Desember lalu. Saki berkata turis tidak perlu mengganti kartu operatornya tapi cukup membeli paket Telkomsel.

“Udah launching Desember kemarin, tapi untuk turis. Nanti sambil lihat perkembangan. Turis asing ya, jadi mereka enggak perlu ganti fisik card, itu udah bisa,” kata Saki.

Teknologi eSIM menawarkan fleksibilitas bagi konsumen dan operator. Dengan eSIM, pelanggan bisa menikmati konektivitas lebih bebas tanpa harus membeli kartu SIM baru.

(els/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com