Survei Prediksi Pengguna Pinjol Naik Signifikan

Pengaduan soal infrastruktur dan pinjaman online jadi yang paling banyak di aplikasi SP4N-Lapor.


Jakarta, CNN Indonesia

Survei terbaru dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap pengguna layanan pinjaman online (pinjol) di Indonesia diprediksi meningkat pada tahun 2024.

Hal tersebut berdasarkan hasil Survei Penetrasi Internet APJII 2024 yang dilakukan pada periode 18 Desember 2023 hingga 19 Januari 2024.

Survei tersebut dilakukan lewat wawancara tatap muka dengan melibatkan 8.720 responden di 38 provinsi Indonesia. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 1,1 persen dan relative standar error 0,43 persen.

“Data yang kita survei menunjukkan terjadi peningkatan pengguna layanan ini sebesar 1,5 persen pada 2023 menjadi 5,4 persen pada tahun 2024, yang berarti lebih banyak orang yang menggunakan layanan finansial digital,” kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif saat konferensi pers di Sekretariat APJII, Jakarta, Rabu (31/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Data tersebut menunjukkan pengguna layanan pinjol pada tahun 2023 sebelumnya berada di angka 2.704.003 jiwa. Angka itu naik signifikan menjadi 8.866.828 jiwa pada 2024.

Mengenai hal ini, Arif mengatakan pemerintah perlu memperketat lagi regulasi soal pinjol di Indonesia. Pasalnya, hal ini mulai menjadi masalah kultural masyarakat Indonesia.

“Jadi pengguna layanan pinjaman online menunjukkan peningkatan cukup drastis, mengindikasi bahwa semakin banyak orang mencari cara cepat, mudah, untuk mendapatkan akses ke layanan keuangan, ini mungkin bisa diperketat lagi regulasinya,” ujar dia.

Di sisi lain, menurutnya penting juga untuk meningkatkan literasi keuangan digital di kalangan pengguna, “untuk mencegah jeratan utang yang tidak dipahami konsekuensinya dan untuk mengelola keuangan dengan lebih bijak lagi”.

Sementara itu, berdasarkan laporan State of Mobile 2024 yang dirilis Data.AI awal tahun ini, aplikasi pinjol Easycash tercatat sebagai aplikasi yang paling banyak di-download warga RI. Tercatat, Easycash sudah di-download ratusan juta kali sepanjang tahun 2023.

Dari laporan tersebut terlihat bahwa Easycash sudah di-download sebanyak 222 juta kali sepanjang tahun 2023.

Di peringkat kedua, ada aplikasi Turbo VPN (194,7 juta), TikTok Live Wallpaper (190,5 juta), Auto Clicker-Automatic Tap (177,1 juta), dan aplikasi foto dan video editing Remini (160,1 juta).

Pinjol di dunia pendidikan

Di saat bersamaan, belum lama ini publik dihebohkan oleh kabar soal bayaran uang kuliah via pinjol yang ditawarkan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kabar ini bermula dari sebuah unggahan viral di media sosial. Unggahan itu menampilkan foto pamflet berisi informasi cicilan kuliah bulanan yang dikelola oleh pihak ketiga.

Pada pamflet itu terdapat informasi program cicilan 6-12 bulan. Proses pengajuan dilakukan tanpa down payment (DP) dan jaminan apa pun, layaknya aplikasi pinjol lainnya.

Kepala Humas ITB Naomi Haswanto membenarkan kampusnya menggunakan lembaga keuangan, Danacita, untuk membantu pembayaran kuliah bagi para mahasiswanya.

“ITB (seperti PTN/PTS lain) bekerja sama dengan lembaga non-bank,” ujar Naomi saat dihubungi pekan lalu.

Menurut Naomi pihak ITB sudah bekerja sama dengan Danacita sejak 2023. Pihak ITB mengatakan dengan aplikasi tersebut, mahasiswa tinggal membuka aplikasi dan melakukan pengajuan.

Mahasiswa ITB belakangan menggelar aksi menolak kerja sama tersebut. Mereka juga sudah berdiskusi dengan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah di Gedung Rektorat, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/1).

Berlangsung tertutup, mahasiswa menyampaikan tuntutannya dalam pertemuan ini. Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, Yogi Syahputra usai pertemuan menyebutkan ada beberapa hasil negosiasi usai berdialog dengan Rektor ITB dan sejumlah tuntutan mahasiswa ITB tidak dapat diamini oleh pihak kampus.

“Pihak ITB tidak dapat memenuhi seluruh tuntutan yang kami coba ajukan, baik itu penjaminan bahwa seluruh mahasiswa tetap bisa kuliah, enggak ada yang cuti dan lain sebagainya,” kata Yogi, usai pertemuan dialog.

Namun, Yogi mengatakan, pihak rektor memastikan jika saat ini tuntutan soal penolakan terhadap pinjaman online untuk membayar perkuliahan, bukan lagi menjadi prioritas utama.

“Kalau sebelum itu kan muncul sebagai pilihan pertama, tapi setelah kami negosiasi, itu tidak kembali pada halaman depan website,” katanya.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com