Studi Ungkap Citra Mahfud di Mata Netizen usai ‘Diserang’ Gibran

Analisis medsos menunjukkan cawapres Gibran Rakabuming mendapat engagement paling besar dengan sentimen negatif tertinggi dibanding cawapres lain.


Jakarta, CNN Indonesia

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendapat sentimen negatif tertinggi dibandingkan dua cawapres lain, terlebih Mahfud MD yang banyak mendapat sentimen positif.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang menyebut Gibran memiliki sentimen postingan negatif sebesar 57 persen.

Angka tersebut dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau dari sisi sentimen postingan, sentimen negatif Gibran ada 57 persen, sentimen negatif Mahfud 25 persen, dan Muhaimin 27 persen,” ujar Rustika di CNN Indonesia TV, Senin (22/1).

Di sisi lain, engagement negatif terhadap Gibran tercatat sebesar 40 persen, relatif lebih rendah dibandingkan dengan sentimen postingan terhadap dirinya. Menurut Rustika, Gibran sudah memiliki pendukung yang militan.

“Kenapa tadi postingan terhadap Gibran negatifnya besar, tapi engagement-nya negatifnya lebih kecil? karena dukungan terhadap Gibran itu banyak sekali,” kata Rustika.

Gibran sendiri mendapatkan total lebih dari 3,7 juta engagement dari Minggu (21/1) pukul 18.00 WIB hingga Senin (22/1) pukul 09.30 WIB dalam data yang diolah Indicator Indonesia. Angka tersebut cukup kontras dengan dua cawapres lain.

Sementara itu, Cak Imin mendapatkan engagement sebesar 2,1 juta, dan Mahfud MD mendapat engagement sebesar 1,6 juta.

Dari sisi sentimen negatif, Cak Imin mendapat sentimen negatif dari warganet sebesar 27 persen, sedangkan Mahfud MD menjadi yang terendah dalam sentimen negatif, yakni 25 persen.

Selain mendapat sentimen negatif terendah, Mahfud juga mendapat sentimen positif tertinggi, yaitu 66 persen.

“Sisi sentimen positif yang ditujukan kepada Mahfud adalah Mahfud itu orang yang baik, yang humble, yang biar sabar, sehingga orang itu ada empatik ke dia. Jadi menghadapi situasi yang seperti ini, dia tetap santai saja, dia tetap puas,” klaim Rustika.

Sementara, Cak Imin berada di posisi kedua dengan sentimen posisi sebesar 49 persen, dan Gibran hanya mendapatkan sentimen positif 24 persen dalam data tersebut.

Salah satu momen ‘serangan’ Gibran terhadap Mahfud pada debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1) malam, adalah ketika Gibran menunjukkan gestur celingak-celinguk mencari sesuatu ala Sun Go Kong saat menanggapi pernyataan rivalnya itu.

“Saya nyari jawaban Pak Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah jawab ekonomi hijau,” kata Gibran.

Pertanyaan itu mendapat respons miring dari Mahfud karena menganggap Gibran hanya memberi pertanyaan menjebak.

Putra Presiden Jokowi itu kemudian menyebut Mahfud tersinggung dengan caranya bertanya.

“Sepertinya Prof. Mahfud agar ngambek kalau diberikan pertanyaan agak sulit dikomentari pertanyaan receh. Kalau receh ya dijawab,” ucap Gibran ke Mahfud.

Ia pun enggan merespons lebih lanjut pertanyaan Gibran. Menurut dia, pertanyaan Gibran terlalu receh dan hanya ingin menjatuhkan.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com