Strategi Contek Saingan, Threads Diduga Segera Punya Trending Topic

Netizen ramai-ramai ajak balik ke Twitter lantaran Threads nihil twitwar, isinya melulu memprioritaskan selebgram. Apa kata Instagram?

Jakarta, CNN Indonesia

Threads segera memunculkan fitur trending topic mirip pesaingnya, Twitter alias X. Mungkinkah ngefek ke angka pengguna?

Dilansir 9to5Mac , tangkapan layar yang bocor secara tidak sengaja dari seorang karyawan Meta mengungkapkan interface ‘trending topic’ atau tema pembicaraan yang sedang tren untuk Threads.

Tampaknya fitur ini berjalan pada versi internal platform, dengan daftar topik muncul di bawah bilah pencarian dengan penomoran dari satu hingga lima.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

[Gambas:Instagram]

Meskipun ada penomoran, ada kemungkinan urutan daftarnya agak acak atau isinya sedikit dikurasi.

Contohnya, dalam tangkapan layar itu topik tentang pesepakbola Chase Claypool ada di peringkat ketiga dengan 562 threads. Sementara, topik tentang lagu solo Jennie BLACKPINK ‘You & Me’ yang memiliki 31.800 threads ada dua peringat di bawahnya.

Tangkapan layar tersebut pertama kali ditemukan oleh pengembang Willian Wax setelah secara keliru diposting ke Threads oleh karyawan Meta.

Postingan aslinya dengan cepat dihapus, namun Max berhasil mengambil gambar tersebut sebelum karyawan malang itu menghapusnya,” demikian dikutip dari Mashable.

Meta belum mengumumkan kapan kami dapat melihat fitur topik yang sedang tren di Threads versi non-internal.

Namun, pada tahap ini kemungkinan besar hanya masalah waktu. Perusahaan ini sebelumnya sudah meluncurkan beberapa fitur yang banyak diminta pengguna sejak perilisan platform pada Juli. Misalnya, Threads versi web.

Fitur-fitur itu terkait dengan persaingan langsung dengan Twitter alias X, yang merupakan medsos sejenis.

Lalu bisakah perilisan fitur-fitur mirip X ini bikin Threads bisa unggul? 

Berdasarkan data situs pemantau aplikasi AppFigures yang dirilis 22 September, Threads mendapatkan 32 juta unduhan baru sejak awal Agustus. Download itu diperkirakan seimbang antara App Store dan Google Play Store.

“Threads keluar dari [periode] penurunannya setelah sekitar satu minggu, naik dari peringkat #32 di App Store AS menjadi #2 dalam beberapa jam.”

Sementara, rebranding Twitter menjadi X pada Juli mengakibatkan “penurunan unduhan yang besar, terutama dari Google Play.” Angkanya bahkan menurun 50 persen. Dalam hal unduhan, X cuma setengah unduhan yang didapat saat masih bernama Twitter. Hal itu terpantau terutama pada Agustus.

AppFigures menyebut fenomena ini tidak ada hubungannya dengan Threads atau platform sosial lainnya. “X cuma tidak punya pengenalan mereknya Twitter.”

AppFigures mengaku bakal ada kuat antara masalah pengenalan merek X yang lemah dan dorongan besar-besaran Meta buat Threads.

“Namun X memiliki sesuatu yang tidak dimiliki Threads – platform yang matang, dari segi fitur, dan sistem imbalan uang untuk pengguna yang termotivasi. Threads tidak.”

[Gambas:Video CNN]

(rfi/arh)




Sumber: www.cnnindonesia.com