Spek Tank M1 Abrams AS Calon Peneror Rusia, Ngeri ‘Minumnya’

Tank M1 Abrams milik AS, menyusul Tank Leopard 2 Jerman, bakal dikirim ke medan perang Ukraina vs Rusia. Simak spesifikasinya di sini.

Jakarta, CNN Indonesia

Amerika Serikat (AS) disebut tengah bersiap untuk mengirim 30 tank M1 Abrams ke Ukraina. Pengirimannya bakal melengkapi persenjataan pihak lawan Rusia itu setelah persetujuan soal tank Leopard 2 dari Jerman.

Dua pejabat AS mengatakan kepada CNN pengiriman tank Abrams itu sedang dalam tahap finalisasi rencana pengiriman. Mereka memprediksi pengiriman resminya bakal dilakukan pekan ini.

Pada saat yang sama, Jerman, sebagai negara produsen, juga menyetujui pengiriman tank Leopard 2 milik negara-negara anggota NATO ke Ukraina.

Di sisi lain, juru bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan pengiriman tank Leopard 2 ke medan konflik akan meninggalkan “jejak yang tak bisa dihapuskan” dalam hubungan kedua negara.

“Pengiriman seperti itu bukan pertanda baik untuk masa depan hubungan (kami). Mereka (Jerman) pasti akan meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dari masa depan hubungan ini,” ujar Peskov seperti dikutip Anadolu Agency.

Spek Abrams

Tank M1 Abrams sendiri merupakan kendaraan tempur 4 awak yang dibuat oleh pabrikan General Dynamics. Kendaraan tempur ini memiliki tiga model, yakni M1, M1A1, dan M1A2.

Ketiganya memiliki sedikit perbedaan sejumlah bagian, seperti berat dan kecepatan.

Tank Abrams model M1 yang akan dikirim ke Ukraina memiliki berat 60 dengan panjang 9,7 meter, lebar 3,65 meter, dan tinggi 2,38 meter. Kendaraan tempur ini memiliki ground clearance (jarak titik terendah tank dengan jalanan) 49 sentimeter.

Abrams M1 dibekali dengan mesin AGT-1500 turbine yang mampu menghasilkan 1.500 tenaga kuda dengan kecepatan maksimal 72 kilometer per jam.

Kendaraan lapis baja ini memiliki kapasitas bahan bakar maksimal 498 galon atau 1.885 liter yang mampu membawanya menjelajah sejauh 442 kilometer (426,47 liter per 100 km).

Sebagai perbandingan, mobil sport Lamborghini Gallardo engine 5.0 rata-rata mengonsumsi bahan bakar 15,7 liter per 100 km; Toyota Avanza 1.3 matic sekitar 7 liter per 100 km. Dengan catatan, keduanya dipacu pada jalan tol alias bebas hambatan.

Meski begitu, Abrams punya spek BBM beda. Ia mengonsumsi JP-8, bahan bakar jet yang lazim dipakai di militer AS.

Dilansir Global Security, satu tangki pada tank ini membutuhkan sekitar 300 galon setiap delapan jam. Namun, angkanya dapat bervariasi tergantung pada misi, medan, dan cuaca.

Satu tangki membutuhkan waktu 10 menit untuk mengisi bahan bakar. Pengisian bahan bakar dan proses pemasangan senjata kembali satu peleton yang terdiri dari empat tank berlangsung sekitar 30 menit dalam kondisi ideal.

Pada bagian senjata, tank Abrams dibekali 105mm M68A1 Rifled Cannon, .50 Cal M2 Machinegun, serta 7.62 M240 Machinegun.

Di bagian muatan, tank ini biasanya membawa amunisi untuk senjata-senjata tersebut ditambah dengan 24 granat asap.

Siapa saja yang punya?

Berdasarkan data yang sama, Tank M1 Abrams ini dimiliki AS dan segelintir sekutunya. Militer Paman Sam memiliki 4.393 unit M1A1 aktif, dengan 3.000 unit M1 di gudang.

Selain itu, ada 586 unit Abrams tipe M1A2 dan 588 unit M1A2 SEP.

Sementara, Mesir tercatat memiliki 777 unit M1A1, Arab Saudi punya 315 unit M1A2, dan Kuwait 218 unit M1A2.

(lom/arh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com