Simpanse Curi Makanan Elang, Ahli Sebut Gambaran Masa Lalu Manusia

Seorang ilmuwan berhasil menangkap momen langka yakni ketika seekor simpanse jantan mencuri santapan elang di Lembah Issa, Tanzania Barat.


Jakarta, CNN Indonesia

Seorang ilmuwan berhasil menangkap momen langka ketika seekor simpanse jantan mencuri santapan elang di Lembah Issa, Tanzania Barat.

Simpanse (Pan Troglodytes) merupakan hewan vegetarian namun mereka juga memakan daging atau produk hewani lainnya. Pada beberapa kesempatan, Simpanse ini juga memakan bangkai hewan.

Studi baru yang diterbitkan pada 31 Oktober di jurnal Primates, menyoroti kemampuan simpanse untuk menghadapi predator lain dan mengambil makanan mereka dalam perilaku memulung sembarangan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penulis utama Sam Baker, Koordinator Penelitian Proyek Konservasi Primata Bugoma di Uganda, sedang mengikuti simpanse bersama Kidosi Raulent Mfaume, asisten lapangan setempat, ketika mereka melihat Imba, simpanse jantan alfa, berlari ke lapangan rumput.

Seekor elang bermahkota (Stephanoaetus coronatus) kemudian langsung terbang. Beberapa saat kemudian, Imba muncul bersama seekor rusa muda yang tidak bergerak yang menurut penulis penelitian baru saja ditangkap oleh elang tersebut.

“Seperti kebanyakan pengalaman baru, terutama pengalaman langka, momen ini terasa nyata dan menggembirakan,” kata Baker, mengutip LiveScience.

“Konfrontasi ini jarang terjadi dalam literatur, sebagian besar disimpulkan, sehingga pengamatan peristiwa yang hampir lengkap adalah hal yang unik.” tambahnya.

Simpanse lain mencoba mencuri bangkai tersebut dan memohon kepada Imba untuk membagikannya selama sekitar satu jam. Dia memberikan sebagian kepada simpanse betina dan memakan sebagian besar dari mangsa itu sendiri.

Setelah membuang bangkainya, simpanse lain kemudian pergi dan mengambil sendiri sisa-sisanya. Pada akhirnya, hanya tengkorak lah yang tersisa.

Dokumentasi ini merupakan contoh kedua dari sifat ‘memulung secara konfrontatif’ (confrontational scavenging) simpanse dengan jalan mencuri makanan dari hewan lain.

Sebuah studi 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Human Evolution menemukan bahwa simpanse juga mencuri dari macan tutul (Panthera pardus). Padahal, simpanse merupakan salah satu mangsa macan tutul.

Menurut Baker, simpanse merupakan salah satu kerabat terdekat kita yang masih hidup. Mereka, katanya, memberikan gambaran akan kehidupan nenek moyang kita yang terakhir yang hidup sekitar 6 hingga 8 juta tahun lalu dan terjadinya evolusi perilaku manusia.

Mengais-ais makanan bisa menyebabkan perilaku sosial yang semakin kompleks pada manusia purba. Hal ini, kata Baker, “seperti batu loncatan evolusioner, pasif ke memulung secara konfrontatif, menjadi perburuan kooperatif.”

Mfaume, asisten lapangan yang juga menyaksikan kejadian tersebut, namun tidak disebutkan namanya dalam penelitian tersebut, meninggal karena sakit pada tahun 2022 pada usia 29 tahun.

Baker mengatakan dia ingin mendedikasikan penelitiannya untuk mengenang Mfaume. “Dia adalah sosok yang cantik dan memiliki jiwa yang tak terhapuskan, penuh gairah terhadap hutan dan simpanse di sana,” tambah Baker.

[Gambas:Video CNN]

(rfi/dmi)



Sumber: www.cnnindonesia.com