Samsung Resmi Luncurkan Smartphone AI Pertamanya di RI, Galaxy S24

Galaxy S24 Series jadi ponsel AI pertama yang dirilis Samsung di Indonesia. Simak kemudahan yang diberikan kecerdasan buatan di Hp ini.


Jakarta, CNN Indonesia

Samsung Galaxy S24 Series, ponsel flagship dari pabrikan asal Korea Selatan, jadi ponsel kecerdasan buatan (AI) yang resmi dirilis di Indonesia.

Sebelumnya, seri ponsel ini resmi unpacked secara global pada Kamis (18/1). Ponsel flagship dari pabrikan asal Korea Selatan ini mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) dan dibanderol mulai dari Rp13,999 juta.

Samsung Galaxy S24 Series, seperti generasi pendahulunya, beranggotakan Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita masuk ke era baru, new era of Galaxy AI, akan menjadikan hidup kita jadi lebih praktis, lebih smart,” kata Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia, dalam acara peluncuran tersebut, di Jakarta, Kamis (1/2).

Ia pun memaparkan beberapa fitur S24 yang ditenagai oleh AI.

Pertama, fitur Circle to Search yang didukung AI dari Google. Fitur ini, kata dia, memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian dengan memakai bahan gambar.

Ia mengatakan pengguna hanya perlu melingkari objek yang dicari pada foto yang dimaksud. Galaxy S24 pun akan langsung mencari objek serupa di Google dan menyediakan informasi yang terkait.

Kedua, fitur transcript assist. Fitur ini dapat melakukan pencatatan hingga 10 pembicara, dan bahkan bisa merangkum poin-poin penting rapat tersebut secara automatis.

“Bahkan it will be summerize it,” kata Lo Khing Seng.

Ketiga, translate call. Fitur ini untuk berkomunikasi dengan penutur bahasa berbeda. 

Untuk komunikasi lintas bahasa di aplikasi pesan instan, Samsung memfasilitasinya lewat Samsung Keyboard. Pengguna dapat langsung menerjemahkan pembicaraan yang dilakukan dengan lawan bicara.

“Keduanya pakai AI on device, tanpa cloud. Jadi, terjaga privacy dan secure. AI on device cuma ada di Galaxy S terbaru,” ucap dia.

Spek Galaxy S24

Galaxy S24 Series punya dua jenis chipset, yakni Exynos dan Snapdragon. Exynos 2400 disematkan pada S24 dan S24 Plus, sementara Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy disematkan pada varian Ultra.

Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus memiliki ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, dengan perbedaan 0,1 inci.

Pada bagian layar, Galaxy S24 dibekali layar beresolusi 2340×1080 (FHD+), sedangkan dua varian lain sudah dibekali layar beresolusi 3120×1440 (Quad HD+). Semuanya sudah memiliki fitur adaptive refresh rate 1-120Hz yang disebut membuat konsumsi baterai lebih efisien.

Di samping itu, layar ketiga varian juga diberi perlindungan Corning Gorilla Armor.

Pada bagian kamera, perbedaan signifikan ada adalah penggunaan lensa 50MP untuk kamera wide. Sebagai informasi, Galaxy S23 menggunakan lensa 10 MP untuk kamera wide.

Samsung juga menyematkan teknologi AI untuk pengambilan foto. Pengguna kini dapat mengedit objek dengan lebih baik karena adanya AI gerenatif.

Ponsel ini memiliki object eraser untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dalam foto dan mengisi bagian yang dihapus dengan gambar di sekitarnya.

Sementara itu, AI generatif akan mengisi bagian yang dihilangkan dengan gambar yang telah disesuaikan.

Dari segi desain, ketiga ponsel ini mengusung desain bodi samping datar. Kemudian, varian ultra hadir dengan lebih elegan dan kokoh karena menggunakan bahan baku titanium.

Daftar harga

S24

– 8/256 GB: RP13,999 juta
– 8/512 GB: Rp15,999 juta

S24 Plus

– 12/256 GB: RP16,999 juta
– 12/512 GB: Rp18,999 juta

S24 Ultra

– 12/256 GB: Rp21,999 juta
– 12/512 GB: Rp23,999 juta
– 12/1 TB: Rp27,999 juta

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com