Rusia Resmi Luncurkan Saingan Wikipedia, Dapat Persetujuan Putin

Rusia resmi meluncurkan Ruwiki, sebuah situ ensiklopedia yang bakal menjadi saingan Wikipedia pada Senin (15/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Rusia resmi meluncurkan Wikipedia versi negaranya yang bernama Ruwiki pada Senin (15/1). Situs ensiklopedia ini sudah mendapat persetujuan Presiden Vladimir Putin.

Pengujian beta, atau pengujian situs dengan pengguna terbatas, dimulai pada pertengahan 2023. Menurut media Rusia, Kommersant, sudah ada lebih banyak artikel di Ruwiki daripada di segmen bahasa Rusia di Wikipedia.

Rusia mengatakan pihaknya belum berencana untuk memblokir Wikipedia. Wikipedia sendiri saat ini adalah salah satu dari sedikit sumber informasi independen yang masih ada di Rusia sejak tindakan keras Negara Beruang Merah terhadap konten online meningkat setelah invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, pengadilan Rusia telah menjatuhkan serangkaian denda kepada ensiklopedi online tersebut atas konten terkait Ukraina.

Melansir Reuters, Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan persetujuannya terhadap platform alternatif baru untuk Wikipedia tersebut pada Mei 2022.

Lebih lanjut, surat kabar Izvestia melaporkan pada pekan lalu, mengutip siaran pers Ruwiki, bahwa artikel yang paling banyak dibaca selama fase uji coba beta Ruwiki di antaranya adalah daftar kematian pada tahun 2023, eskalasi konflik Arab-Israel, operasi militer Rusia di Ukraina, dan film terlaris di Rusia.

Rata-rata pengguna disebut menghabiskan lebih dari enam menit di situs tersebut, dan rata-rata pendalaman lebih dari lima halaman pada tahap uji coba.

Meski telah resmi meluncur, Kommersant mengatakan para pendiri Ruwiki tidak mau mengungkapkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk proyek ini atau nama-nama investor situs tersebut.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com