Rosalia Indah Trending Topic, Netizen Menolak Lupa Puluhan Kasus

Mayoritas warganet membicarakan AHY dalam nada negatif sambil mengaitkannya dengan tindakan asal bicara hingga berlindung di bawah SBY.


Jakarta, CNN Indonesia

Rosalia Indah, yang merujuk pada perusahaan otobus PT Rosalia Indah Transport, masuk sepuluh besar trending topic Twitter alias X Indonesia usai kasus pencurian iPad penumpang modus ditukar buku.

Kamis (20/12) pukul 20.53 WIB, kata kunci ‘Rosalia Indah’ menduduki peringkat sepuluh trending topic atau tema yang paling banyak dibicarakan di Twitter Indonesia. Jumlah unggahannya mencapai 56 ribuan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, viral di Twitter pengakuan salah satu penumpang bus Rosalia Indah, Widino Arnoldy, kemalingan iPad Pro dan charger dalam perjalanan Wonosobo-Ciputat.

Dino, panggilannya, mengaku tas berisi iPad itu terus dibawa dan tidak pernah ditinggal di dalam bus. Kecurigaan muncul saat sampai di pool atau tempat pemberhentian bus di Ciputat, Tangerang Selatan.

Ia mengungkap pelaku mengelem resleting tas diduga agar korban tak bisa mengecek isinya segera. “Pas di rumah dibuka isinya diganti sama buku,” kicaunya.

Saat mengadu, ia menyebut customer service (CS) Rosalia Indah tak merespons dengan baik. Sang CS, kata dia, malah terus-menerus mengatakan barang Dino yang hilang tidak menjadi tanggung jawab perusahaan.

Gimana enggak emosi jadinya,” cetus dia.

Imbas pengakuan itu, sejumlah netizen turut speak up dan mengaku pernah mengalami nasib nahas yang sama saat menumpang bus Rosalia Indah. Modusnya pun mirip. Yang membedakannya cuma barang dummy buat mengecoh korban; kadang buku, kadang keramik.

Bak menolak lupa, sebuah akun Twitter menyusun pengakuan setidaknya 31 korban modus sejenis di Rosalia Indah yang diunggah di Twitter. Berikut contoh-contohnya.

Pertama, kasus kehilangan laptop yang diakui dialami oleh pemilik akun

@arsitekmudaa dalam perjalanan dengan bus Rosalia Indah jurusan Salatiga-Jakarta, 2022.

Berangkat sabtu 19 november 2022 jam 19.30 Bis super top 122, Laptop saya hilang dan dituker dengan ini. Banyak data yang diperlukan untuk tugas akhir menjadi hilang,” kicaunya, sambil menunjukkan foto buku motif batik hasil penukaran para pelaku.”

Kedua, akun Twitter @dftfexxo juga mengaku kehilangan laptop di bus Rosalia Indah dengan kondisi tas yang dilem. Juga turun di Pool Ciputat.

Aku turun di pool ciputat baru sekitar jam 3 pagi dengan kondisi resleting tas dikasih lem.”

Beda dengan Dino, korban cuma dapat permintaan maaf dari CS.

Ketiga, pemilik akun Twitter @_Akanjani juga mengaku pernah kehilangan laptop saat jadi penumpang bus Rosalia Indah tujuan Malang, Maret 2021.

“Saya naik dari Gilingan tujuan Malang pool. Laptopnya dicuri dan diganti dengan buku tebal ini untuk mengecohkan saya agar ga sadar kalau laptop udah raib.”

Masih ada puluhan pengakuan lain dari warganet soal kasus serupa di Rosalia Indah. Banyak yang mengaku tak mendapat ganti rugi dan bahkan respons yang layak saat mengadu.

Berikut utas atau threads soal kasus-kasus dugaan pencurian gadget di bus milik Rosalia Indah.

Minta maaf usai viral

Direktur PT Rosalia Indah Transport FX Adimas Rosdian mengaku sudah meminta maaf secara langsung kepada penumpang.

“Sebetulnya ini semua berawal dari petugas contact center yang tidak merespons komplain dengan baik,” ungkap dia, dikutip dari detikcom, Rabu (20/11).

Saat ini, perusahaan tengah melakukan investigasi internal soal dugaan pencurian yang melibatkan kru, sebagaimana yang dicurigai penumpang tersebut.

“Investigasi itu kita menelusuri betul tidak awak bus melakukan. Kalau iya, kami akan sanksi seberat-beratnya. Yang kami sayangkan ada tuduhan itu dan viral lalu banyak yang menggoreng. Tapi kalau dari manajemen kami sudah meminta maaf ke penumpang,” jelasnya.

Pihak manajemen Rosalia juga mengungkapkan akan memberikan kompensasi kepada penumpang yang kehilangan barang tersebut. Namun, besarannya masih dalam diskusi kedua pihak.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com