Respons ‘Slay’ Elon Musk Buat Perusahaan Besar yang Tarik Iklan dari X

Beda dari tokoh-tokoh Barat, Miliarder Elon Musk menawarkan jalan damai di Gaza berupa

Jakarta, CNN Indonesia

Miliarder Elon Musk tak ambil pusing saat menghadapi kenyataan bahwa X genting secara finansial usai para pengiklan besarnya kabur imbas isu tepri konspirasi antisemit, yang termasuk anti-Yahudi.

Kepergian para pengiklan itu berpotensi membuatnya kehilangan US$75 juta (sekitar Rp1,5 triliun).

“Saya ogah mereka ngiklan,” katanya di acara The New York Times DealBook Summit di New York, dikutip dari CNN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau seseorang ingin memeras saya dengan iklan atau uang, persetan dengan kalian (go f*** your self). Go. F***. Yourself,” cetus dia.

“Apakah itu jelas? Hai Bob, jika Anda termasuk di antara penontonnya, itulah yang saya rasakan,” tambah Musk, mengacu pada CEO Disney Bob Iger, pimpinnan salah satu perusahaan yang mengancam menarik iklannya dari X, yang berbicara sebelumnya pada pertemuan puncak pada Rabu (29/11).

Disney tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Musk ini.

Di saat yang sama, dikutip dari Endgadget, CEO X dan mantan eksekutif periklanan Linda Yaccarino duduk dengan wajah kaku selama Musk mengoceh tersebut.

Sehari sebelumnya, Iger berbicara tentang keputusan perusahaan untuk menarik iklan setelah kicauan Musk di X terkait antisemit di awal bulan ini. Iger mengatakan hubungan Disney dengan X “belum tentu positif bagi kami.”

Dalam ajang yang sama, Musk sekali lagi membantah antisemit. Dia mengungkapkan penyesalan karena terlibat dengan tweet yang mengakibatkan eksodus pengiklan lain dari X.

“Saya seharusnya tidak me-reply orang itu. Saya pada dasarnya menyerahkan pistol kepada mereka yang membenci saya,” kata Musk tentang postingan yang dia balas terkait isu antisemit.

Tweetnya, yang dikecam sebagai antisemit, itu diakui mungkin merupakan “yang terburuk” yang pernah dia lakukan.

“Maksud saya, dengar, saya minta maaf atas… postingan itu,” ucap Musk. “Saya sungguh bodoh. Dari 30 ribu [kicauan] itu mungkin postingan terburuk dan terbodoh yang pernah saya lakukan.”

“Dan saya sudah mencoba melakukan yang terbaik untuk mengklarifikasi enam cara dari hari Minggu, tetapi Anda tahu setidaknya saya pikir akan jelas bahwa sebenarnya saya bukan antisemit, tetapi sebenarnya saya adalah seorang filosemit (pencinta-semit),” klaim CEO SpaceX ini.

Sebelumnya, Elon Musk sudah memberikan klarifikasi hingga bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu serta mendatangi TKP serangan Hamas di Israel.

X tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait isu ini.

[Gambas:Video CNN]

(rfi/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com