Rahasia Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 Menutup Sempurna

Dua ponsel lipat anyar Samsung, Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, bisa menutup rapat tanpa jeda seperti seri sebelumnya terkait dengan teknik baru. Simak rinciannya.

Jakarta, CNN Indonesia

Samsung menerapkan fitur baru pada layar ponsel lipat terbaru mereka, Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, hingga tak lagi berjeda seperti yang terjadi pada seri pendahulu. Simak rahasianya.

Dua seri ini diluncurkan di RI hari ini, Kamis (27/7) siang, lebih lambat ketimbang perilisannya secara global dari Seoul, Korea Selatan, sehari sebelumnya. Meski begitu, pre-ordernya sudah dibuka di saat yang sama.

Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan pengguna ponsel lipat Samsung generasi-generasi sebelumnya, termasuk Fold 4 dan Flip 4, adalah lengkungan di tengah layar saat ponsel ditutup.

Lekukan di tengah layar bagian dalam makin tampak saat Galaxy Z Fold 5 makin tertutup. (CNN Indonesia/Arif Hulwan)

Hal itu membuat ponsel terlipat tak benar-benar rapat pada bagian engsel dan lama kelamaan memberi bekas lipatan yang cukup kentara.

Kini Samsung menyempurnakannya dengan teknik Flex Hinge yang membuat engsel tanpa celah di antara kedua bagian lipat. Itu berefek pada ponsel yang lebih tipis dan lebih estetis.

“Sudah tidak ada gap karena Flex Hinge,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, ditemui dalam acara peluncuran itu, di Jakarta, Kamis (27/7).

Desain engsel tanpa celah juga dapat mencegah benda asing kecil mencapai panel lipat saat perangkat ditutup rapat sekaligus meminimalkan risiko kerusakan pada layar AMOLED Dynamic 2X.

Samsung mengatakan Flex Hinge merupakan semacam engsel terintegrasi.

CNNIndonesia.com berkesempatan mengetes langsung dua seri ponsel terbaru ini pada peluncurannya, Kamis (27/8).

Saat terbuka penuh, Flip 5 dan Fold 5 tampak rata meski tak sepenuh seperti Hp non-lipat. Tampak ada lekukan mungil di tengahnya jika diperhatikan mendetil atau dalam posisi miring.

Meski begitu, lekukan di tengah layar itu tak mengganggu pengalaman pengguna, misalnya, saat menonton YouTube.

Saat dilipat penuh, kedua ponsel flagship ini menutup penuh tanpa menyisakan pemandangan layar yang tertekuk pada engselnya. Ini berbeda dari pendahulu kedua seri ini yang masih memperlihatkan lekukan kecil layar bagian dalam pada engsel.

Jika diperhatikan, engsel Flip 5 dan Fold 5 memiliki teknik tekukan yang berbeda dari generasi terdahulu. Ujung lengkungan kedua ponsel ini masuk lebih dalam ke engsel yang menyediakan ruang buat lekukan itu.

Hasilnya, Hp menutup rapat.

Dampak positif selanjutnya adalah Hp bisa semakin tipis dan ringan; Fold 5 berukuran 13,4 mm saat ditutup, lebih tipis dari Fold 4 yang memiliki ketebalan 14,2 mm.

Fold 5 juga punya bobot 253 gram atau lebih ringan 10 gram lebih ringan dari seri terdahulu.

Tahan buka tutup ratusan ribu kali di halaman berikutnya…


200 Ribu Buka Tutup

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com