Proyek Istana Presiden IKN Capai 50 Persen, Dikelilingi 20 Juta Pohon

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkap pembangunan istana presiden di IKN sudah capai separuhnya.

Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyebut saat ini progres pembangunan Istana Presiden di Kota Nusantara rampung separuhnya.

“Ini adalah Istana Presiden yang nanti Garudanya di belakangnya,” kata Bambang dalam acara Digital Creative Leadership Forum yang diselenggarakan CNN Indonesia di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (9/11).

Beberapa bangunan di sekitar Istana juga telah dibangun. Misalnya, dam atau bendungan di dekat Istana. Dam tersebut ini sudah mulai diisi air. Dalam kurun waktu 1-2 tahun ke depan dam tersebut kemungkinan akan terisi penuh oleh air.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, hutan kota juga sudah mulai tumbuh. Akan ada banyak pohon yang ditanam. Sehingga kawasan Istana juga akan dikelilingi oleh hutan tropis buatan. Kurang lebih ada 15-20 juta pohon yang akan ditanam.

“Karena kita kan ingin ada tropical forest-nya sebesar 65 persen di IKN dan tanaman-tanamannya salah satunya akan diambil dari tanaman nursery di Mentawir,” kata dia.

Bambang juga menjelaskan berbagai fitur di IKN ini memang didesain agar bisa memenuhi kaidah lingkungan regeneratif yang berbasis ekonomi sirkular. Sehingga lingkungan akan tetap terjaga dan jauh dari kerusakan.

“Jadi pada gilirannya akan berdampak positif pada lingkungan,” kata dia.

Bahkan demi mewujudkan IKN yang smart city dan ramah lingkungan, pemerintah telah bekerjasama dengan sejumlah institusi, salah satunya World Wildlife Fund.

“Zaman dulu kita banyak dikritik sama WWF, sekarang jadi mitra kami di sana,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengungkapkan perkembangan pembangunan Kantor Presiden di IKN Nusantara per 19 Oktober mencapai 49,2 persen.

“Untuk Kantor Presiden progres pembangunannya mencapai 49,2 persen dan mulai dilakukan pemasangan bilah-bilah Garuda yang merupakan pekerjaan arsitektur. Progres pembangunannya sudah besar,” ujar dia, di Jakarta, Jumat (27/10).

(tst/far/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com