Praktis dan Produktif dalam Genggaman

AI on-device memberi banyak keuntungan dalam menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari membantu pekerjaan hingga berkomunikasi lintas bahasa.


Jakarta, CNN Indonesia

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kecanggihan AI ini menyajikan kemudahan untuk menunjang berbagai pekerjaan mulai dari membuat naskah, mencari informasi, membuat konten, hingga coding.

Teknologi AI mensimulasikan kecerdasan manusia ke dalam suatu mesin atau program dengan cara memasukkan dan memproses berbagai macam data ke dalam perangkat lunak. Kemampuan ini sudah banyak digunakan melalui smartphone, seperti peta navigasi, autocorrect, text editor, dan asisten digital.

Karenanya kecanggihan AI saat ini sangat bisa mendukung aktivitas dan produktivitas sehari-hari menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AI sendiri juga sudah banyak digunakan dalam berbagai perangkat dan aplikasi, mulai dari ponsel pintar hingga peralatan rumah tangga, termasuk yang terbaru adalah AI on-device.

AI on-device merupakan konsep yang menempatkan AI langsung di perangkat yang digunakan. Misalnya ponsel pintar, smartwatch, dan bahkan peralatan rumah tangga. Hal ini berbeda dengan AI cloud yang mengandalkan server cloud untuk memproses data.

Teknologi AI on-device juga dapat meningkatkan pengalaman mobile sehari-hari pengguna dengan memanfaatkan beragam fitur yang disajikan.

Dikutip dari detik.com, berikut tiga hal yang bisa dilakukan menggunakan AI on-device untuk menjadi lebih produktif dan praktis dalam menunjang aktivitas hingga pekerjaan sehari-hari.

1. Mengolah Tulisan

Membuat atau mengolah berbagai tulisan menjadi semakin praktis dengan AI on-device. Teknologi ini mendukung fitur untuk mengolah tulisan selayaknya ChatGPT.

Pengguna akan dimudahkan dalam pencarian informasi maupun menghasilkan bermacam-macam bentuk tulisan yang dapat memudahkan pekerjaan.

Produktivitas pengguna pun menjadi meningkat karena dapat memangkas durasi waktu dalam membuat tulisan menjadi lebih cepat. Cukup dengan mengetik permintaan sesuai tugas, output yang dihasilkan akan membantu mempercepat penulisan.

2. Membuat Konten Gambar

AI on-device juga bisa membantu fitur ponsel pintar dalam pembuatan konten-konten gambar sesuai keinginan pengguna. Pembuatan konten gambar yang semula memakan waktu dan tenaga, kini terbantu dengan adanya teknologi AI on-device.

Hanya dengan mengetik deskripsi gambar, pengguna bisa mendapatkan konten estetik dalam sekejap. Fitur ini bisa bermanfaat untuk kreator konten, desainer, maupun penggunaan pribadi.

3. Komunikasi Lintas Bahasa

Tak hanya itu, AI on-device juga memungkinkan pengguna smartphone berkomunikasi lintas bahasa secara langsung saat menelepon. Fitur ini terintegrasi ke dalam fitur telepon, sehingga memudahkan pengguna ketika berkomunikasi dengan lawan bicara yang berbeda bahasa.

Bagi pengguna smartphone terbaru dengan Galaxy AI bisa mendapat manfaat serupa dengan fitur Live Translate Call sebagai penerjemah pribadi. Fitur ini bisa digunakan kapan pun mereka membutuhkannya.

Terjemahan audio dan teks akan muncul secara real-time saat pengguna berbicara. Alhasil komunikasi lewat telepon dengan orang lain dalam bahasa yang berbeda semudah menyalakan teks saat menonton streaming.

Adapun Galaxy AI merupakan penggabungan dari AI on-device yang dikembangkan di Samsung dan AI berbasis cloud. Galaxy AI akan membawa penggunanya lebih dekat ke dalam dunia tanpa batasan dan kendala, membuatnya menjadi lebih mudah dan produktif.

(ory)



Sumber: www.cnnindonesia.com