Prabowo Trending Topic Buntut Serangan, Netizen Ungkit Memori 2019

Mayoritas warganet membicarakan AHY dalam nada negatif sambil mengaitkannya dengan tindakan asal bicara hingga berlindung di bawah SBY.


Jakarta, CNN Indonesia

Kata kunci ‘Prabowo’ masih bertahan di puncak klasemen trending topic Twitter alias X nasional meski debat capres sudah dua hari berlalu. Serangan yang diklaim personal dan pembelaan mendominasi.

Pada debat debat capres-cawapres ketiga yang digelar Minggu (7/1), capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapat serangan bertubi-tubi dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Salah satu yang paling menohok adalah soal kepemilikan lahan Menteri Pertahanan itu yang diklaim Anies mencapai 240 ribu hektare, jomplang dengan masalah minimnya kepemilikan rakyat kebanyakan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan pantauan per Selasa (9/1) pukul 06.31 WIB, kata kunci ‘Prabowo’ mencapai 403 ribuan unggahan, berada di peringkat pertama trending topic mengalah #DebatCapres di tempat ketiga.

Ada juga kata kunci yang terkait kritik terhadap Prabowo, yakni ‘Gaza’ dan ‘Menhan’ di sepuluh besar trending topic.

Salah satu yang memicu pembicaraan terbaru netizen dalam kata kunci Prabowo ini adalah pernyataan Presiden Jokowi bahwa debat kali ini tak mendidik karena menyerang dengan motif pribadi.

“Saling menyerang enggak apa-apa, tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang. Bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira enggak baik dan enggak mengedukasi,” kata Jokowi di Serang mengutip detik.com, Senin (8/1).

Presiden memang tak menyinggung bagian debat atau isu apa yang dianggapnya tak mengedukasi itu. Namun, netizen ramai-ramai terpicu soal serangan Anies terhadap Prabowo.

Mereka pun mengungkit memori debat capres 2019 antara Jokowi dan Prabowo.

Saat itu, Jokowi menyindir kepemilikan lahan Prabowo yang maha luas di Kaltim dan Aceh. Banyak di antaranya yang menyertakan potongan video pernyataan Jokowi.

“Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare. Juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare,” ujar mantan Wali Kota Solo tersebut, ketika itu.

Walhasil, warganet pun dibuat geleng-geleng kepala.

oalah pak kok wos amnesia njenengan,” kicau akun @SekarJayanti07.

Berarti bpk tahun 2019 gak edukatif dong, kan bpk juga serang personal makannya bpk menang, saya sebagai pendukung bpk selama 2 kali pemilihan, sedih saya pak, tertanda rakyatmu,” sindir akun @DonIwan79.

helehh kayak 2019 nggak aja. saya kan juga nonton pak. malah pernah jadi pendukung prabowo saat itu,” tambah warganet @xxpussy_catxx.

lah pak, dulu kan bapak serang prabowo dg senjata itu trus anis jg serang prabowo dg senjata yg sama dg bapak, di acara yg sama, dg posisi yg sama. kenapa tak edukatif? berarti bapak bilang dulu bapak jg debat gak edukatif dong?? oalah,” seloroh akun @lightnue_.

Akun @Didit3Ahmadi pun menambahkan daftar serangan Jokowi terhadap Prabowo di debat capres 2019, termasuk soal rekam jejak pelanggaran HAM, merujuk riwayat Prabowo yang dipecat dari TNI imbas kaitannya dengan penculikan Tim Mawar Kopassus terhadap aktivis di era 1998.

Lupa dia debat sama prabowo dulu…masih tergiang ditelingga bhw kita tidak ada jejak rekam pelanggar HAM, Penculik dllnya..jika didengar² ulang…debat 2019 dulu lah yg jelas serang pribadi…….coba dgr2 ulang pak..,” sindirnya.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com