Peserta Akui ‘Ada Apa dengan Digital’ Beri Ilmu dan Hiburan Sekaligus

Acara


Jakarta, CNN Indonesia

Gelaran Talkshow ‘Ada Apa Dengan Digital‘ yang dilanjutkan dengan konser ‘Harmoni Pemilu Damai’ disebut memberi pendidikan soal hoaks pemilu sekaligus menyuguhkan hiburan berkualitas.

Ajang yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu (7/2), ini merupakan hasil kerja sama Transmedia dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kurang lebih sebanyak 1.200 peserta hadir dalam acara yang membahas soal paparan hoaks atau berita bohong selama pemilu ini sukses menarik peserta dari kalangan generasi Z dan milenial akhir.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada sesi awal, acara berisi paparan dari Anggota Bawaslu Puadi, Public Policy & Government Relations dari TikTok Indonesia Faris Mufid, dan Ketua Umum Siberkreasi Donny Budi Utoyo.

Pada sesi talk show berikutnya, giliran selebritas Adinia Wiranti, Dennis Adhiswara, dan Marshanda memaparkan soal pengalaman bergulat dengan hoaks.

Tuntas sesi talk show, hiburan berupa konser Harmoni Pemilu Damai 2024 pun digelar dengan menampilkan solois Ari Lasso, band Maliq & D’essentials, serta JKT48.

Apa kata penonton soal ajang ini?

Para peserta mengaku sangat tertarik dengan acara yang memiliki tema sangat dekat dengan kawula muda ini.

“Senang sekali karena memang ingin tahu bagaimana sih media sosial bisa jadi tempat informasi hoaks menyebar. Juga tadi dijelaskan bagaimana menghindari informasi-informasi hoaks ini,” kata Ilham (19) yang mengaku datang dari Tangerang Selatan saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, Rabu (7/2).

Pembahasan soal literasi digital ini menurut Ilham sangat menarik. Apalagi, anak muda saat ini memang banyak menghabiskan waktunya di media sosial dan sangat mudah terpapar informasi bohong.

Selain Ilham, Arga (21) juga mengaku sangat senang ada lembaga yang membuat acara tentang literasi digital yang menyasar anak-anak muda. Mengingat, saat ini anak-anak muda angkatannya lah akan menjadi penentu terbesar jalannya Indonesia ke depan.

Saat mendapat ajakan dari teman-temannya terkait acara ini, Ilham yang berasal dari Jakarta Timur langsung tertarik untuk ikut serta dalam acara ini.

“Langsung ikut. Soalnya pembahasannya menarik banget. Selain itu ada hiburannya juga. Jadi selain dapat ilmu dapat hiburan juga,” kata dia.

Meutia (19) dari Jakarta Barat datang dengan kedua temannya untuk ikut acara yang diselenggarakan Transmedia dan Kominfo ini. Dia mengaku tertarik dengan pembahasan soal hoaks yang jadi tema utama dalam talkshow ini.

Menurutnya, hoaks memang jadi hal yang banyak terjadi akhir-akhir ini. Dan informasi bohong ini mudah sekali menyebar, dan dipercaya masyarakat luas.

“Menyesal sekali karena anak muda banyak yang tertipu dengan berita bohong,” kata dia.

Peserta juga mengakui acara ini lebih ‘hidup’ karena menampilkan JKT48 yang memang banyak diidolakan remaja.

“Tadi seru sekali penampilan dari JKT48. Memang alasan ingin ikut acara ini selain talkshownya menarik ya karena ingin nonton JKT48 juga,” kata Ilham.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com