Pengguna Twitter Keluhkan ‘Serangan’ Iklan yang Tak Bisa Diblokir

Sejumlah pengguna Twitter melaporkan kemunculan iklan yang tidak berlabel dan tak bisa diblokir.

Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah pengguna X (sebelumnya bernama Twitter) melaporkan kemunculan iklan yang tidak berlabel dan tak bisa diblokir. Peluncuran iklan-iklan ini menggambarkan seberapa besar upaya perusahaan milik Elon Musk dalam menarik pengiklan.

Iklan click bait itu muncul di feed X, saat pengguna menggulir aplikasi X lewat smartphone mereka. Ketika pengguna mengetuk iklan tersebut yang hanya menampilkan gambar, mereka langsung dibawa ke situs web lain, tanpa ada cara untuk memblokir atau melaporkannya.

Selama beberapa hari terakhir laporan itu banyak dikeluhkan pengguna karena mereka sebelumnya belum pernah menemukan hal ini di platform.Iklan X baru ini tidak mengizinkan pengguna menyukai atau me-retweet postingan iklan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Faktanya, format baru ini juga tidak mengungkapkan siapa dalang di balik iklan tersebut atau bahkan iklan sama sekali.

Tidak seperti iklan pada umumnya di X yang berupa postingan dari akun perusahaan X dan memiliki label “Iklan”, iklan-iklan baru ini tidak memiliki akun yang terkait dengan brand dan identitas produk tertentu, menurut laporan The Verge, Senin (9/10).

Tampilan iklan tersebut meliputi gambar yang disematkan dan teks bergaya click bait, sehingga membuat Anda mengira iklan itu diposting secara organik. Gambar “profil” yang dibuat dari gambar yang disematkan melengkapi ilusi tersebut.

Berikut ini beberapa contoh yang diposting oleh pengguna:

Dikutip dari Mashable bahwa format tersebut tidak ada di manajer kampanye iklan X, tetapi “kelihatannya iklan ini sebenarnya ditayangkan oleh penyedia iklan pihak ketiga.”

Sejak akuisisi perusahaan oleh Elon Musk, X masih memutar otak untuk menarik pengiklan ke platform tersebut. Separuh dari pengiklan terbesar di platform tersebut berhenti menayangkan iklan tak lama setelah pengambilalihan Musk.

Untuk membantu pendapatan iklan, X bermitra dengan pihak ketiga dalam industri teknologi iklan untuk menjual inventaris iklan yang tersedia, menurut laporan Engadget.

Bulan lalu, Google mengumumkan akan bermitra dengan X untuk menjual iklan terprogram.Awal tahun ini, X juga bermitra dengan InMobi, sebuah perusahaan penjualan iklan terprogram yang berfokus pada seluler.

[Gambas:Video CNN]

(can/dmi)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com