Pemilu 2024 Momentum Persatuan Menuju Indonesia Maju

Menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi IKN akan menjadi smart city yang semuanya berbasis digital dan teknologi. Karenanya butuh jaringan internet yang ngebut.


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berharap Pemilu 2024 dapat menjadi ajang untuk menunjukkan kebersamaan bangsa Indonesia. Hal itu penting untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045.

Dalam acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih di Jakarta, Kamis (7/12/2023), dia mengatakan bahwa bangsa yang bersatu dapat sejalan lurus dengan kemajuan. Artinya, Indonesia akan mudah menjadi maju jika rakyatnya bersatu.

“Kita mengharapkan Pemilu ini bisa kita lalui dengan semangat persatuan nasional, dan kebersamaan. Karena kita percaya hanya bangsa yang bersatu yang akan bisa mewujudkan sebuah kemajuan sebuah negara. Jadi Indonesia maju hanya bisa terwujud jika rakyat bersatu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Maka dari itu, Budi Arie mengajak seluruh masyarakat, khususnya anak muda, agar bisa meningkatkan literasi digitalnya dan tidak dengan mudah menyebar hoaks. Sehingga, dapat turut mendorong mimpi besar bangsa Indonesia, yakni menjadi negara maju pada 2045.

“Di kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk bersama-sama meningkatkan literasi digital dan tidak begitu saja percaya akan suatu berita. Apalagi ikut andil dalam menyebarkan hoax atau berita palsu,” ucapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Budi Arie melempar pantun terkait pemilu damai yang ia harapkan.

“Buah durian sedap rasanya. Paling enak disantap ramai-ramai. Pemilih cerdas menjaga jempolnya. Agar pemilu bebas hoax dan tetap damai,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, serta detikpemilu.

Di acara ini ada talkshow yang berlangsung dua sesi. Sesi pertama mengangkat tema ‘Menuju Pemilu Damai dan Dapat Diterima Semua Pihak’.

Sesi ini diisi oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, hingga Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting.

Sementara sesi kedua diisi oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Slamet Santoso, pakar digital forensik Ruby Alamsyah, dan pengamat media sosial Rustika Herlambang.

Sesi ini diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat terkait data digital pribadi, dan juga literasi dalam berselancar di media sosial, khususnya menghadapi derasnya isu dan hoaks selama Pemilu 2024.

(rir/osc)



Sumber: www.cnnindonesia.com