Pakar Usulkan Tirai Raksasa Antariksa Buat Ademkan Pemanasan Bumi

Sejumlah ahli mengusulkan untuk memasang tirai raksasa di ruang angkasa untuk mencegah Matahari makin memanaskan Bumi.


Jakarta, CNN Indonesia

Tim pakar mengusulkan pembuatan tirai raksasa di ruang angkasa untuk menjadi solusi mengurangi pemanasan Bumi.

Ide ini telah dibahas selama bertahun-tahun. Planetary Sunshade Foundation sedang menyusun makalah yang mendukung konsep dan praktik tersebut.

Planetary Sunshade Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba baru yang didedikasikan untuk mengembangkan solusi pendinginan iklim berbasis ruang angkasa untuk mengurangi konsekuensi bencana dari perubahan iklim.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Planetary Sunshade Foundation menyebut tirai antariksa bisa menjadi solusi terbaik untuk manajemen radiasi Matahari (SRM) dan harus dilihat sebagai bagian penting dari upaya global untuk melawan perubahan iklim yang sedang berlangsung di Bumi.

Pengurangan efek perubahan iklim sendiri berfokus pada tiga pilar, yakni pengurangan emisi, penghilangan karbon dioksida, dan manajemen radiasi Matahari.

Saat ini ada kesepakatan internasional untuk berusaha menjaga suhu rata-rata dunia agar tidak naik di atas 1,5 derajat Celcius di atas suhu rata-rata. Pasalnya, semakin rendah kenaikan suhu rata-rata, semakin rendah pula dampak iklim yang ditimbulkan.

Sayangnya, para peneliti perubahan iklim melaporkan planet kita mungkin akan melampaui 1,5 derajat Celcius dalam dekade mendatang.

Kemudian, saat ini juga terjadi peningkatan insiden cuaca ekstrem, tren kenaikan permukaan air laut, kebakaran yang meluas, dan mencairnya lapisan es.

Morgan Goodwin, Direktur Eksekutif Planetary Sunshade Foundation, menjelaskan alasan mengapa kelompok ini mengusulkan tirai raksasa. Menurutnya, strategi dekarbonisasi saat ini memang diperlukan, tetapi tidak cukup untuk membuat planet yang layak huni.

Dekarbonisasi adalah pengurangan emisi karbon dioksida dengan cara memanfaatkan sumber daya rendah karbon untuk mencapai hasil yang lebih rendah dari gas rumah kaca yang berada di atmosfer Bumi.

“Untuk menghindari dampak terburuk dari perubahan iklim, dunia harus segera menghentikan penggunaan bahan bakar fosil, menghilangkan gigaton karbon dari atmosfer, dan membatasi radiasi Matahari yang masuk,” kata Goodwin, dikutip dari Space.

Dari semua metode yang disinggung untuk mengurangi radiasi Matahari, kata Goodwin, tirai antariksa memiliki banyak keuntungan yang layak untuk diinvestasikan dalam konsep tersebut.

Dalam laporan yang dirilis pada Oktober 2023, Planetary Sunshade Foundation menyebut tirai antariksa raksasa akan mampu memblokir banyak energi Matahari.

Perhitungan awal menunjukkan bahwa untuk dapat menangkal sekitar 1 derajat Celcius pemanasan antropogenik, tirai raksasa perlu memblokir sekitar 0,5 persen dari energi Matahari yang masuk.

Tirai raksasa ini disebut akan mengorbit dekat dengan titik Lagrange-1 Matahari-Bumi. Tirai ini akan dibuat dengan elemen yang dapat ditambah dan dikurangi agar ukurannya bisa disesuaikan.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com