Otorita Buka-bukaan Soal Internet Tembus Hutan IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN), yang disebut punya hutan yang terpoteksi, diklaim bakal didukung jaringan internet ngebut.

Jakarta, CNN Indonesia

Konsep smart and sustinable forest city yang ditargetkan hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal memadukan beragam Internet of Things (IoT) dengan hutan yang terproteksi. Sekencang apa jaringan internet yang mendukungnya?

“Tempatnya (IKN) sangat enak dengan hutan yang diproteksi tetapi bisa tetap ada internet bekerja di berbagai negara,” kata Tenaga Ahli Komunikasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Troy Pantouw, di acara Forum Merdeka Barat, Jumat (3/11).

Lokasi IKN berada di wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Troy menjelaskan pihaknya berkomitmen layanan internet di IKN bisa mengakses komunikasi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi warga.

Dengan konsep smart and sustainable forest city, ia menyebut masyarakat bisa hidup berdampingan dengan alam pada kota berteknologi tinggi. Contohnya, flying taxi atau mobil terbang.

Di dalam pelaksanaannya nanti, kata Troy, ada proses integrasi IoT di dalam infrastruktur kota IKN untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Paling penting adalah konsep smart city yang akan melibatkan pemangku kepentingan. Inisiatif kunci yang kita lakukan adalah digital library, digital classroom untuk mengintegrasikan pendidikan terpadu,” tuturnya.

Apakah konsep di IKN ini didukung oleh provider nasional?

“Pasti dong, kita akan dukung semua program pemerintah. Apapun yang diinstruksikan presiden dan pemerintah ke arah mana dan minta pembangunan infrastruktur telekomunikasi khususnya kita pasti support,” jawab Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono saat ditemui di Jakarta, Selasa (7/11).

Ia mengatakan Telkomsel bakal memberikan jaringan telekomunikasi terbaik untuk IKN, termasuk jaringan telekomunikasi 5G dan fixed broadband IndiHome.

“Pasti kita berikan terbaik. Kalau di sana memang sudah 5G dibutuhkan, ya akan kita deploy 5G. Fixed broadband kita IndieHome juga akan masuk di sana,” jelas dia.

Sebelumnya, sebuah laporan yang terbit tahun lalu mengungkap kecepatan layanan internet ketika mengunduh di IKN, Kalimantan Timur lebih cepat ketimbang sejumlah wilayah di pulau Jawa.

Laporan tersebut diungkap perusahaan analisis jaringan seluler yang berpusat di Inggris, Opensignal. Dimulai dari kecepatan unduh di Jakarta yang dikatakan tercepat di Indonesia.

“Pengguna kami di Jakarta Raya mengamati kecepatan unduh rata-rata 17,5 Mbps, yang berarti 1,2 Mbps [7,6 persen] lebih cepat dari Kalimantan Timur,” ujar Opensignal tahun lalu.

Kecepatan tinggi internet di Kalimantan Timur, termasuk IKN, disebut karena proyek jaringan Palapa Ring, yang diresmikan sejak 2019.

Hardik Khatri, Analis Datadari lembaga Opensignal mengatakan proyek itu membuat layanan internet bisa terjangkau hingga ke sejumlah pelosok negeri.

“Secara umum, pengalaman di luar pulau Jawa, termasuk Kalimantan Timur, sangat diuntungkan dengan adanya proyek Palapa Ring yang telah membawa konektivitas ke pelosok Indonesia,” kata Hardik.

Menurut rencana, ibu kota negara akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur mulai 2024 dan dilakukan bertahap hingga 2045. Perkiraan total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun IKN mencapai Rp466 triliun.

[Gambas:Video CNN]

(tim/dmi)




Sumber: www.cnnindonesia.com