Orang Indonesia Terbanyak Habisin Waktu di Hp untuk Nonton YouTube

YouTube meluncurkan sejumlah tools baru yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Simak kecanggihannya.


Jakarta, CNN Indonesia

Sebuah laporan terbaru mengungkap bahwa orang Indonesia banyak menghabiskan waktunya di Hp untuk menonton video-video di aplikasi YouTube. Simak seberapa kecanduannya.

Hal tersebut terungkap dalam laporan terbaru ‘Media State of Mobile 2024’ yang dirilis Data.AI awal tahun 2024 ini.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa orang Indonesia paling banyak menghabiskan waktunya di platform layanan video milik Google tersebut. Dalam laporan tersebut terungkap, total waktu yang dihabiskan orang Indonesia di YouTube mencapai 69,9 miliar jam sepanjang 2023.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Durasi itu meningkat 3 persen secara tahun ke tahun atau year on year (YoY) dibanding tahun 2022.

Setelah YouTube, orang Indonesia juga mulai kecanduan TikTok. Tercatat, warga RI menghabiskan waktu 64,8 miliar jam di TikTok sepanjang 2023, naik 33 persen YoY.

Kemudian, di peringkat ketiga ada aplikasi pesan singkat milik Meta, WhatsApp. Laporan tersebut mengungkap bahwa orang Indonesia menggunakan WhatsApp selama 59,1 miliar jam sepanjang tahun lalu.

Aplikasi media sosial Instagram duduk di peringkat keempat. Orang Indonesia tercatat menghabiskan waktu 28,4 miliar jam di platform berbagi foto dan video tersebut.

Sementara, di peringkat kelima ada peramban Google Chrome. Menurut laporan Data.AI, sepanjang tahun lalu, orang Indonesia menghabiskan waktu 26,6 miliar jam di aplikasi tersebut.

Secara umum, orang Indonesia sudah kecanduan Hp, dengan menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 6 jam sehari dengan smartphone-nya. Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara yang menghabiskan waktu terlama dalam menggunakan perangkat mobile per harinya.

Warga Indonesia menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti Hp dan tablet pada 2023 mencapai rata-rata 6,05 jam per harinya.

Indonesia sudah menempati peringkat teratas sebagai negara yang warganya menghabiskan waktu terlama dalam menggunakan Hp sejak 2020. Sejak tahun itu, rata-rata penggunaan Hp setiap harinya terus meningkat.

Tahun 2020 misalnya, rata-rata warga RI menggunakan Hp selama 5,63 jam per hari. Angka itu kemudian meningkat pada tahun 2021 menjadi 5,99 jam per hari, dan 6,14 jam per hari pada 2022.

Sepanjang tahun lalu, hanya warga Indonesia yang menggunakan Hp lebih dari 6 jam. Di posisi kedua ada negara tetangga Thailand dengan 5,64 jam per hari.

Kemudian, disusul Argentina di posisi ketiga dengan 5,33 jam per hari, Arab Saudi di posisi keempat dengan 5,28 jam sehari, dan Brazil menggenapi posisi lima besar dengan 5,02 jam sehari.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com