Microsoft Rekrut Sam Altman usai Gagal Balik Jadi CEO OpenAI

Sam Altman hijrah ke Microsoft usai dipecat oleh Dewan Direksi OpenAI. Apa perannya di sana?

Jakarta, CNN Indonesia

Microsoft merekrut mantan CEO OpenAI Sam Altman dan salah satu pendiri perusahaan pemilik ChatGPT itu, Greg Brockman.

Altman dipecat dari OpenAI pada Jumat (18/11), setelah dewan direksi mengatakan “tidak lagi percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI.”

Sempat ada usaha buat rujuk di akhir pekan, negosiasi buntu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terkini, CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, yang turut mengundurkan diri seiring pemecatan Altman, akan bergabung untuk memimpin tim riset AI canggih Microsoft yang baru.

Kami sangat gembira untuk menyampaikan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama rekan-rekannya, akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru,” kicaunya di Twitter alias X, hari ini.

Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka.”

Dalam postingannya di X, Altman mengakui bergabung dengan Microsoft sambil me-reply unggahan Nadella dengan pesan “misi berlanjut.”

Nadella menanggapinya dengan memberikan beberapa petunjuk penting soal posisi Altman di Microsoft kelak.

Kami belajar banyak selama bertahun-tahun tentang cara memberikan ruang bagi para pendiri dan inovator untuk membangun identitas dan budaya independen dalam Microsoft, termasuk GitHub, Mojang Studios, dan LinkedIn, dan saya menantikan Anda melakukan hal yang sama.

Melansir The Verge, Microsoft kini telah membentuk tim peneliti AI tingkat lanjut baru yang dipimpin oleh Altman dan Brockman.

Hal ini terjadi hanya seminggu setelah Microsoft mengumumkan pembangunan chip AI khusus yang dapat digunakan untuk melatih model bahasa besar (LLM) dan berpotensi menghindari ketergantungan yang mahal pada Nvidia.

Microsoft juga telah membangun CPU berbasis Arm sendiri untuk beban kerja cloud. Kedua chip silikon khusus tersebut dirancang untuk memberi daya pada pusat data Azure-nya.

Menurut laporan The New York Times, Altman dilaporkan telah meluncurkan startup terpisah untuk membangun chip AI Tensor Processing Unit (TPU) khusus yang menyaingi Nvidia.

Proyek TPU yang diberi nama sandi “Tigris” ini menarik sejumlah perusahaan ventura terkemuka, termasuk dari Microsoft.

Perekrutan Altman dilakukan hanya beberapa jam setelah negosiasi dengan dewan OpenAI gagal membawanya kembali sebagai CEO OpenAI.

Mantan CEO dan salah satu pendiri Twitch Emmett Shear ditunjuk sebagai CEO sementara OpenAI. Dia akan mengambil alih posisi Mira Murati, yang ditunjuk sebagai CEO sementara OpenAI setelah pemecatan Altman.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com