Meta Segera Hapus Fitur Chat Lintas Aplikasi Instagram dan Facebook

Meta merilis AI yang mampu menerjemahkan dan menyalin hampir 100 bahasa, alternatif baru Google Translate.


Jakarta, CNN Indonesia

Meta akan segera menghilangkan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan chat dengan akun Facebook melalui Instagram. Fitur ini kabarnya akan dihapus pertengahan bulan ini.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengumumkan mulai pertengahan Desember 2023 pengguna tidak lagi dapat memulai obrolan atau panggilan baru dengan teman Facebook dari Instagram.

“Setiap chat yang ada di Instagram yang Anda lakukan dengan akun Facebook akan menjadi hanya baca, meskipun akun Facebook tersebut dihapus dari obrolan. Artinya, Anda dan orang lain yang memiliki akun Instagram tidak dapat mengirim pesan baru dalam obrolan ini,” demikian pernyataan yang ditulis di laman Pusat Bantuan Instagram, Selasa (5/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, akun Facebook tidak lagi dapat melihat status aktivitas atau melihat tanda terima telah dibaca. Terakhir, obrolan apa pun yang ada dengan akun Facebook tidak akan dipindahkan ke kotak masuk pengguna di Instagram, mengutip Engadget.

Fitur integrasi lintas platform opsional ini pertama kali dikenalkan ke publik pada 2019 dan mulai diterapkan setahun setelahnya. Kemampuan ini menggabungkan dua layanan terpopuler perusahaan.

Beberapa laporan menyebut bahwa keputusan ini diambil imbas aturan yang berlaku di Uni Eropa, yakni Undang-Undang Pasar Digital. Regulasi tersebut bertujuan sebagai pencegahan terhadap pemegang platform untuk mendapatkan kekuatan monopoli, mengutip 9to5 Google.

Jika sebuah perusahaan melewati ambang batas pendapatan dan Komisi Eropa menganggap platform tersebut terlalu mendominasi, perusahaan tersebut dapat dikenakan denda maksimal sebesar 10 persen dari total omset globalnya dibandingkan tahun sebelumnya.

Mengingat “ancaman” tersebut, kemungkinan Meta melihat chat lintas aplikasi seperti Instagram/Facebook tidak sebanding dengan risikonya.

Ada kemungkinan bahwa Meta memutuskan sambungan fitur obrolan lintas aplikasi khusus layanan ini untuk lebih mempersiapkan interoperabilitas yang lebih luas dan sesuai DMA dalam Messenger.

Alternatifnya, ini bisa saja menjadi contoh lain dari Meta yang mengurangi Messenger, dengan aplikasi tersebut baru-baru ini kehilangan kemampuan SMS/MMS di Android dan Meta mematikan Messenger Lite.

(rfi/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com