Meta Akan Pulihkan Akun Instagram dan Facebook Donald Trump

Meta akan memulihkan akun Instagram dan Facebook Donald Trump beberapa pekan mendatang, setelah ditangguhkan lebih dari 2 tahun.

Jakarta, CNN Indonesia

Meta mengumumkan akan memulihkan akun Instagram dan Facebook Donald Trump. Induk perusahaan Facebook itu menyatakan kedua akun mantan Presiden AS tersebut akan pulih setelah lebih dari dua tahun ditangguhkan.

Kedua akun media sosial Donald Trump kala itu ditangguhkan buntut unggahan-unggahan yang berujung pada serangan Gedung Capitol pada 6 Januari 2021.

“Tekad kami adalah risiko [keselamatan publik] telah cukup surut,” kata Presiden Urusan Global Meta Nick Clegg dalam sebuah posting blog, seperti diberitakan CNN pada Rabu (25/1).

“Dengan demikian, kami akan mengaktifkan kembali akun Facebook dan Instagram Trump dalam beberapa minggu mendatang. Namun, kami melakukannya dengan pembatas baru untuk mencegah pelanggaran berulang.”

Kendati demikian, Meta belum mengumumkan detail tanggal aktivasi kembali akun-akun tersebut. 

Rencana pemulihan atau aktivasi kembali akun media sosial tersebut terjadi di tengah upaya Donald Trump mencalonkan diri lagi sebagai presiden dalam Pilpres AS.

Belum jelas mengenai Trump akan mengambil kesempatan untuk kembali ke platform Meta atau tidak. Ia sudah memiliki platform media sosial sendiri, Truth Social.

Platform tersebut yang ia gunakan selama media sosialnya ditangguhkan. Trump pun bertahan di sana meski Twitter telah memulihkan akunnya pada November 2022.

[Gambas:Video CNN]

Namun, tim kampanye Trump pada awal Januari 2023 mengirim surat ke Meta sambil mengajukan petisi supaya membuka blokir akun Facebook-nya.

Perwakilan Trump belum memberikan komentar terkait keputusan Meta ini.

(chri)






Sumber: www.cnnindonesia.com