Menkominfo Klaim Hoaks Masa Kampanye Turun Dibanding 2019

Sebanyak 425 ribu konten dan 2.760 rekening judi online sudah diblokir sejak 18 Juli 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Konten hoaks selama masa kampanye Pemilu 2024 dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi turun dibanding periode 2019.

Budi memaparkan kementeriannya telah melakukan take down 51 konten hoaks Pemilu dan menerbitkan sekitar 175 klarifikasi sejak 28 November 2023 sampai 11 Januari 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jumlah ini menjadi pengingat kita semua bahwa hoaks masih mengancam demokrasi kita, walaupun secara data (kumulatif) jauh menurun dibanding tahun 2019,” ujar Budi dalam siaran persnya, Sabtu (13/1).

Menurut dia Kominfo punya peran penting menjaga ruang digital untuk menjamin demokrasi tetap berkualitas. Hal ini diperkuat dengan kerja sama Kominfo dengan penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu.

Kominfo dikatakan sudah menandatangani sejumlah nota kesepahaman terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Selain itu, perjanjian kerjasama dilaksanakan antara Direktorat Jenderal Aptika Kominfo dengan Bawaslu dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) terkait pengawasan penyelenggaraan Pemilu. Karena itu, melalui pemanfaatan teknologi informasi dan pemeliharaan serta pemanfaatan sistem elektronik dengan memberikan panduan serta kode etik,” ujar Budi.

Sebelumnya Kominfo menyatakan telah menemukan 96 hoaks Pemilu pada periode 17 Juli hingga 16 November 2023 atau dua hari menjelang masa kampanye. Dalam periode itu Kominfo melakukan take down 290 konten.

(fea)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com