Menkominfo Bongkar Tantangan Terbesar Indonesia Jadi Negara Digital

Menkominfo Budi Arie Setiadi membongkar tantangan terbesar yang harus dihadapi demi mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Simak paparannya.

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membongkar sejumlah tantangan terbesar yang harus dihadapi pemerintah demi mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Transformasi digital menurut dia adalah sebuah keniscayaan yang harus terlaksana. Namun tantangan yang harus dihadapi juga cukup banyak dan nyata.

“Tugas kita kan bagaimana mempersiapkannya, karena transformasi digital ini adalah sebuah keniscayaan,” kata Budi dalam acara Digital Creative Leadership Forum yang diselenggarakan CNN Indonesia di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (9/11).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu tantangan yang harus diselesaikan menurut Budi berkaitan dengan sumber daya manusia yang harus ditingkatkan. Misalnya berkaitan dengan peningkatan kecakapan digital di seluruh lapisan masyarakat.

“Ya tantangannya karena kita perlu meng-upskill banyak sumber daya manusia agar memiliki kecakapan digital,” kata dia.

Beberapa hal yang telah dilakukan kementeriannya untuk meningkatkan skill atau kemampuan masyarakat di bidang digital ini misalnya, mengadakan sejumlah program pendidikan. Mulai dari program digital leadership akademik, hingga digital talent scholarship.

Semua kegiatan itu telah dilaksanakan beberapa tahun belakangan. Pesertanya juga banyak dari berbagai pemimpin di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan digital mereka.

“Ini memang untuk mendorong atau upskill sumber daya manusia yang ada. Dari mulai pemerintah, karena kita ingin meningkatkan kecakapan juga di bidang birokrasi,” kata dia.

Tantangan ini menurut Budi memang harus dituntaskan agar transformasi digital di Indonesia bisa terlaksana. Sehingga apa yang diharapkan terjadi pada 2045 yakni Indonesia menjadi negara maju bisa terwujud.

“Tentunya harus dengan sumber daya manusia yang mumpuni,” kata dia.

Ia sebelumnya menegaskan pemerintah berkomitmen mempercepat transformasi digital di berbagai sektor. Hal ini agar visi Indonesia Maju di 2045 dapat terlaksana.

Budi mengatakan transformasi digital bertujuan untuk mencapai perubahan yang signifikan dalam penerapan teknologi digital.Tujuan lainnya adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui penggunaan alat dan sistem digital yang efisien, meningkatkan adaptabilitas dan lebih fleksibilitas dalam berbagai hal.

“Digitalisasi akan mempercepat dan mengintegrasikan berbagai pelayanan publik, sehingga dampaknya lebih optimal ke masyarakat,” jelas dia.

Menurut dia transformasi digital tidak hanya cepat tapi juga menciptakan lompatan yang dinamis. Misalnya transformasi digital yang dilakukan di bidang bisnis dapat menjadikan bisnis lebih maju dan berkembang cepat.

Bahkan transformasi yang dilakukan di sejumlah bisnis di Indonesia saat ini tercatat telah meningkatkan bisnis retail hingga 51 persen.

“Lalu transformasi digital di bidang kesehatan telah meningkatkan layanan hingga 75 persen. Dan masih ada juga peningkatan lain. Misalnya di akomodasi, layanan, manufaktur, hingga pertanian,” ujar dia.

[Gambas:Video CNN]

(tst/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com