Menerka Langkah Telkom Usai Lepas IndiHome

Saat ini Telkom fokus pada pelayanan di segmen pemerintahan, perusahaan besar dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lewat sederet layanan digital.

Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengungkapkan langkah perusahaan usai melepas layanan internet IndiHome ke Telkomsel.

Menurut Fajrian saat ini Telkom fokus pada pelayanan di segmen pemerintahan, perusahaan besar dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lewat sederet layanan digital.

“Telkom berfokus di B2B (bisnis ke bisnis) jadi segmen seperti goverement, perusahaan besar dan UMKM akan menjadi fokus bagi Telkom,” kata dia di acara Media Gathering PaDi UMKM, Kamis (3/8).

Ia menjelaskan layanan B2B itu di antaranya digital service dan digital platform, baik yang bersifat aplikasi dan sistem informasi, big data dan kecerdasan buatan (AI).

Dihubungi terpisah, pengamat telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosep menilai dengan pelepasan IndiHome ke Telkomsel membuat Telkom fokus ke B2B, di antaranya membangun infrastruktur jaringan hingga ke pelosok Indonesia.

Terlebih dengan layanan 5G yang membutuhkan frekuensi sangat besar untuk optimalisasi pemafaatan layanannya.

“Ke depan itu dengan adanya 5G dan seterusnya, ada satu daerah dan seterusnya ada yang tertinggal, yang mau bangun backbone (tulang punggung internet) siapa? yang paling kuat cuman Telkom” kata Yosep kepada CNNIndonesia.com, Kamis (3/8).

Ia menduga, ke depan Telkom akan fokus membangun backbone hingga ke pelosok, sehingga perusahaan telekomunikasi swasta lainnya bisa menyewa backbone itu sehingga bisa dinikmati kepada masyarakat langsung.

“Jadi Telkom yang bangun Telkom disewakan backbone-nya ke swasta,” tuturnya.

Lalu bagaimana dengan IndiBiz?

Pada Juli lalu, Telkom menyediakan ekosistem solusi dunia usaha Indonesia dan merilis brand Indonesian Digital Business (IndiBiz). Platform ini boleh jadi produk yang diandalkan setelah Telkom melepas layanan IndiHome ke Telkomsel.

IndiBiz adalah ekosistem digital yang diklaim memberikan solusi atau ekosistem untuk mendukung pelaku usaha untuk naik kelas atau go global. Telkom menyebut layanan ini memiliki paket bundling yang bisa dikonsumsi baik untuk segmen UKM maupun menengah.

Di dalam Indibiz terdapat layanan edukasi yang bisa dinikmati dengan layanan broadband dan aplikasi sekolah. Ada pula paket untuk usaha mikro dengan fasilitas QRIS dan Point of Sales (POS).

[Gambas:Video CNN]

(can/dmi)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com