Megawati Lantik Rektor Unhan Jadi Wakil Kepala BRIN

Rektor Unhan Amarulla Octavian dilantik sebagai Wakil Kepala BRIN pada Kamis (3/8).

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri melantik Amarulla Octavian sebagai Wakil Kepala BRIN.

Pelantikan itu digelar di Auditorium Gedung BJ. Habibie, BRIN, Jakarta, pada Kamis (3/8).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengungkap posisi baru ini akan membuat BRIN lebih cepat dalam mewujudkan ekosistem riset yang lebih baik di Indonesia.

“Saya dan seluruh Keluarga Besar BRIN menyambut gembira pelantikan Wakil Kepala BRIN pada hari ini. Dengan pelantikan ini hampir seluruh struktur organisasi telah lengkap, sekaligus memastikan bahwa BRIN akan mampu berlari lebih kencang sesuai harapan masyarakat luas,” ujar Handoko di acara pelantikan, Kamis (3/8).

Menurutnya, BRIN sebagai organisasi yang membidangi riset dengan cakupan yang luas sangat diharapkan dalam memberikan solusi berbasis riset dan inovasi atas permasalahan yang muncul di masyarakat luas.

Bagi Handoko, Amarulla adalah sosok yang tepat untuk membantu percepatan pelaksanaan tugas BRIN itu.

“Mengingat skala organisasi dan spektrum cakupan yang sedemikian luas yang menjadi tanggung-jawab BRIN, keberadaan Wakil Kepala BRIN menjadi tumpuan kami semua, dan khususnya saya secara pribadi.”

“Saya secara personal sudah banyak berdiskusi dengan Pak Octavian sebelumnya, dan kami sudah mulai mendiskusikan banyak hal dan strategi untuk melakukan percepatan pelaksanaan tugas-tugas yang diemban BRIN,” pungkas Handoko.

Saat ini, Amarulla Octavian masih menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan sejak 9 April 2020 dan sebagai dosen tetap sejak 2014.

Sebelum menjadi Rektor Universitas Pertahanan, Amarulla juga pernah menduduki jabatan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan pada 2016-2018.

Pria kelahiran Surabaya, 24 Oktober 1965, ini mendapat gelar doktor dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2013.

Lulusan Akademi Angkatan Laut 1988 ini pernah menduduki beberapa jabatan penting, di antaranya Ajudan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2009-2012.

Dia juga pernah menjabat Kepala Gugus Tugas Tempur Laut Wilayah Barat (Guspurlabar) pada 2012-2013.

Selama berkarier di dunia militer, Amarulla pernah mengukir sejumlah prestasi mulai dari Bintang Dharma, Bintang Yudha Dharma Nararya, Satya Lencana Kesetiaan, Satya Lencana Wira Nusa, hingga Satya Lencana Wira Karya.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com