Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1, si Mungil Ngebut yang ‘Hot’ Buat Game

Hasil pengujian selama beberapa waktu menunjukkan Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 tetap mampu diandalkan meski hadir dengan bodi mungil.
Jakarta, CNN Indonesia

Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1, salah satu unit laptop premium terbaru yang dirilis Maret, diklaim punya kecepatan mumpuni meski punya bodi mungil. Simak pengujian yang dilakukan CNNIndonesia.com berikut.

Model yang mendarat di meja redaksi adalah yang bermesin AMD Ryzen Pro 6850U dengan RAM 16GB dan ROM 1TB yang berjalan di sistem operasi Windows 11 Pro.

Saya cukup terkesan ketika pertama kali melihat laptop ini, salah satunya oleh balutan kulit di bodi belakang yang memberi kesan tidak umum, karena umumnya laptop premium saat ini hadir dengan balutan metal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bodi kulit ini juga sekaligus menegaskan kelas premium yang diusung laptop ini.

Thinkpad Z13 Gen 1 hadir dengan konsep compact dan minimalis, salah satu yang sangat terasa adalah pada bagian port.

Lenovo hanya memberikan dua buah port USB4 Type-C dan sebuah port audio 3.5mm pada laptop. Satu port USB4 berfungsi sebagai port charger, sehingga jika laptop ini sedang mengisi daya, maka otomatis pengguna hanya memiliki satu port.

Perusahaan juga tidak memberikan adapter dalam paket penjualannya. Pengguna pun perlu menyiapkan budget tambahan jika memerlukannya. Paket penjualan hanya memberikan charger dan adapter Type-C to RJ45.

Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 hadir untuk mengakomodir kebutuhan bisnis dengan sederet fitur yang diberikan, salah satunya lewat daya tahan baterainya. Selama menguji laptop ini, saya selalu berhasil melewati 8 jam kerja dengan hanya sekali pengisian daya.

Saya menggunakan laptop ini untuk berbagai aktivitas, seperti mengetik, browsing, mendengarkan lagu, menonton video, dan zoom meeting. Dengan kemampuan baterai tersebut, kita tak perlu risau jika ketika bepergian lupa membawa charger laptop ini.

Laptop ini memiliki berat hanya 1,26 kilogram. Membawa laptop ini untuk aktivitas harian dengan mobilitas tinggi tak membuat bahu pegal.

Sayangnya, ukuran compact laptop ini agak ‘ternoda’ oleh charger yang ukurannya cukup besar. Jika hal semacam ini dirasa mengganggu, Anda dapat mencari charger Type-C 65W yang berukuran compact.

Meski demikian, saya tetap menyarankan penggunaan charger original untuk mengurangi risiko masalah pada baterai. Dengan charger bawaan, laptop ini bisa mengisi daya hingga 80 persen dalam waktu sekitar 1 jam saja.




Perusahaan teknologi asal China, Lenovo merilis dua laptop di Z series yaitu Z13 dan Z16 di Indonesia. Laptop itu dibanderol mulai dari Rp38 jutaan. (Foto: CNN Indonesia/ Chandra Erlangga)

Thinkpad Z13 Gen 1 sudah didukung oleh Dolby Access Voice yang membantu meminimalkan kebisingan ketika meeting.

Teknologi ini membuat saya cukup kagum karena berhasil menghilangkan bising di sekitar saya, mulai dari suara kendaraan yang melintas, suara grinder kopi, hingga suara musik di ruangan. Laptop ini juga berhasil mengurangi bising dari suara orang-orang yang berada di sekitar.

Output gambar yang dihasilkan ketika melakukan meeting juga sangat bagus berkat kamera 1080p yang ada pada laptop ini.

Teknologi Dolby yang disematkan pada laptop ini tak hanya berguna untuk meeting. Fitur ini juga menghasilkan suara yang cukup nyaman di telinga ketika mendengarkan musik dan menonton film.




Perusahaan teknologi asal China, Lenovo merilis dua laptop di Z series yaitu Z13 dan Z16 di Indonesia. Laptop itu dibanderol mulai dari Rp38 jutaan.Sensasi menonton di Lenovo Thinkpad Z13 (Foto: CNN Indonesia/ Chandra Erlangga)

Suara yang dihasilkan speaker laptop ini sangat lantang. Saya hampir tak pernah mengatur suara di atas 50 persen untuk penggunaan di kamar.

Pengguna juga bisa mengkostumisasi karakter output suara berdasarkan aktivitas yang dilakukan dari aplikasi Dolby Access. Kita juga bisa mengontrol dengan mode custom sesuai preferensi pribadi.

Selain itu, aplikasi Dolby juga memuat kontrol untuk fitur peredam kebisingan.

Pada sisi visual, laptop ini dibekali dengan layar 13,3 inci WUXGA atau beresolusi 1920×1200 dengan kecerahan maksimal 400 nits. Dengan kecerahan tersebut dan fitur anti-reflective, saya bisa menggunakan laptop ini dengan cukup nyaman di ruang terbuka yang terang.

Pro-kontra dan kesimpulan di halaman berikutnya…





Sumber: www.cnnindonesia.com