Kronologi Ancaman Mahfud Berujung Siaran Analog RCTI hingga ANTV Padam

Menko Polhukam Mahfud MD mengomentari stasiun-stasiun TV yang keukeuh bersiaran analog saat ASO sudah digelar.

Jakarta, CNN Indonesia

Sempat membandel dengan tak manut program suntik mati siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) Jabodetabek, Rabu (2/11) pukul 24.00 WIB, MNC Group dan Viva Group akhirnya memadamkan siaran analognya usai diultimatum Menko Polhukam Mahfud MD.

Diketahui, stasiun-stasiun televisi di bawah kedua grup itu masih menayangkan siaran analog di Jabodetabek hingga Kamis (3/11).

Mahfud MD pun bereaksi dengan mengunggah video konferensi pers di kanal YouTube Kemenko Polhukam pada Kamis (3/11) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Ada beberapa televisi swasta yang sampai sekarang masih dalam tanda petik tidak mengikuti atau dalam tanda petik lagi, membandel atas keputusan pemerintah yaitu RCTI, Global TV, MNC TV, Inews TV, ANTV, dan terpantau TV One serta Cahaya TV,” tutur dia.

“Oleh sebab itu, terhadap yang membandel secara teknis, kami sudah membuat surat pencabutan izin stasiun radio atau ISR bertanggal 2 November, kemarin,” tambahnya.

Mahfud menegaskan ASO merupakan perintah undang-undang, sehingga yang melakukan siaran analog bisa dianggap ilegal.

“Maka jika sekarang masih melakukan siaran-siaran melalui analog maka itu bisa dianggap ilegal dan bertentangan dengan hukum yang berlaku,” tegas Mahfud.

Usai menerima ultimatum tersebut, Viva Group dan MNC Group membuat siaran pers yang intinya menyatakan akan mematikan siaran analog mereka pada Kamis (3/11) pukul 24.00 WIB.

Viva Group menyatakan akan menghentikan siaran analog di wilayah layanan Jabodetabek untuk memenuhi permintaan Mahfud MD.

“VIVA dengan kerendahan hati memohon maaf karena pada tanggal 3 November 2022 pukul 24.00 WIB ANTV dan TvOne harus menghentikan siaran analog (Analog Switch Off) di wilayah layanan Jabodetabek untuk memenuhi permintaan Pemerintah melalui Menkopolhukam,” tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com pada Kamis (3/11) pada pukul 22.39 WIB.

Senada, stasiun TV yang berada di bawah naungan MNC Group, yakni RCTI, MNC TV, INews, dan GTV juga memilih untuk mematikan siaran TV analog di wilayah Jabodetabek pada waktu yang sama.

“Dengan mengingat adanya permintaan dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Bapak Mahfud MD yang meminta untuk dilakukan Analog Switch Off yang seharusnya berlaku Nasional, tetapi pada kenyataannya hanya terbatas di wilayah Jabodetabek, maka kami akan melaksanakan permintaan tersebut pada hari ini, Kamis, 3 November 2022 jam 24.00 WIB,” tulis Manajemen MNC Group dalam sebuah keterangan yang diterima CNNIndonesia.com pada Jumat (4/11) pukul 00.23 WIB.

Meski begitu, kedua grup media itu tetap mengungkapkan keberatan dengan ASO terutama terkait dengan dasar hukumnya.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com dari Jakarta, pada Jumat (4/11) pukul 06.28 WIB, siaran analog MNC Group, baik RCTI, Global TV, MNC TV, maupun Inews TV sudah tidak ditemukan, begitu pula dengan ANTV dan TvOne dari Viva Group.

(lom/arh)



[Gambas:Video CNN]







Sumber: www.cnnindonesia.com