Kominfo Punya App Cek Sinyal, Diklaim Tangani Internet Lemot Seminggu

Kominfo punya aplikasi Signal Monitoring atau Sigmon yang bisa mengukur kecepatan jaringan sekaligus menindaklanjuti masalah sinyal lemot.

Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan aplikasi Signal Monitoring atau Sigmon yang berfungsi untuk mengetes kecepatan internet.

Aplikasi ini juga diklaim bisa digunakan untuk melakukan aduan jika sinyal internet jelek dan akan diperbaiki dengan estimasi waktu tak sampai sepekan.

“Umumnya kalau yang data historis kita, kalau terhadap kualitas layanan internet biasanya enggak terlalu lama ya, enggak sampai seminggu gitu ya, kalau memang bukan karena masalah force majeure kayak bencana alam,” ujar Direktur Pengendalian PPI Dany Swardany dalama acara Sosialisasi Pusat Monitoring Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dany menjelaskan penanganan itu nantinya tidak dilakukan oleh Kominfo melainkan oleh penyelenggara telekomunikasi. Kominfo sendiri dalam hal ini akan bertindak untuk memonitor pelaksanaan program tersebut.

“Penanganan itu juga ada di pihak penyelenggara telekomunikasi karena kan daerah komersial. Ini kan di Kominfo yang melakukan pembangunan tetapi kami monitor memang,” tutur Dany.

“Kita nanti akan buat SOP-nya ya paling lambat berapa hari atau dalam waktu berapa jam dari laporan aduan masyarakat itu harus diselesaikan,” imbuhnya.

Dany menjelaskan aplikasi Sigmon ini merupakan perangkat ukur untuk mengumpulkan data experience dari pengguna jaringan telekomunikasi secara aktif maupun pasif.

Biasanya, platform untuk mengetes kecepatan internet hadir dalam bentuk website. Namun, pengguna harus mengunduh aplikasi untuk menggunakan Sigmon.

Pada halaman awal aplikasi, pengguna hanya perlu memilih bagian Speed Test dan menekan ikon Start.

Sayangnya, CNNIndonesia.com tidak menemukan tombol aduan untuk melaporkan kualitas internet yang kurang baik.

Dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur seperti Web Test, Video Test, dan Multi Test. Sigmon sendiri merupakan bagian dari Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT) yang baru diluncurkan Kominfo.

Berdasarkan pemetaan

Dikutip dari situs resminya, Ditjen PPI Kominfo mengungkap sejumlah fitur pada aplikasi SIGMON:

  • Memeriksa dan merekam kondisi sinyal jaringan Anda kapan saja dan di mana saja.
  • Memeriksa kecepatan internet seluler Anda secara umum, untuk penelusuran web dan streaming video.
  • Tes Multi untuk Tes Kecepatan, Tes Web, dan Tes Video berturut-turut.
  • Route Test untuk pengukuran kualitas sinyal pada rute yang telah Anda lalui dan melihat hasilnya dalam bentuk peta.
  • Hasil tes Anda disimpan di aplikasi Anda.
  • Semua hasil tes langsung diterima oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan lokasi dengan kualitas yang kurang memadai akan ditindaklanjuti.

“DJPPI Kominfo berkomitmen untuk memastikan layanan telekomunikasi di wilayah Indonesia tetap berkualitas,” menurut keterangan itu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Ditjen PPI menyebut peran masyarakat sangat penting “dengan cara memeriksa kualitas sinyal internet di lokasi dengan menggunakan SIGMON.”

“Aplikasi crowd-sourcing ini akan mencatat dan memetakan kualitas sinyal tersebut pada koordinat tertentu, yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak terkait untuk perbaikan layanan,” menurut Ditjen PPI.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com