Kominfo Bongkar Penyebab Keyword ‘Mahfud’ Hilang di Pencarian X

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap penyebab hilangnya pencarian keyword


Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap penyebab hilangnya pencarian keyword ‘Mahfud‘ di media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan pihaknya sudah menanyakan langsung masalah ini ke pihak X. Dari penjelasan X, Semuel mengatakan bahwa hilangnya pencarian nama ‘Mahfud’ di Twitter karea ada aktivitas bot spam.

“Saya baru dapat beritanya tadi pagi. Saya sudah kontak ke X. Jadi, keyword ‘Mahfud’ itu, ada yang mengirim pesan spam. Banyak itu bot spam. Ada keyword-nya itu. Ada beberapa, tadi saya lihat,” ungkap Semuel dalam keterangan resminya, Jumat (26/1).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bot spam secara otomatis menyebarkan pesan spam dengan akun palsu di platform X. Sesuai penjelasan kantor X Singapura, Semuel menyebut akibat bot spamming itu, keyword ‘Mahfud’ yang dikirim sebagai pesan spam dianggap tidak layak di platform X.

“X bilang, sudah melaporkan ke saya juga, sudah temukan bot-nya. Itu ada bot spamming. Nah, tiap kali konten memuat kata atau mention @mahfud terus itu dikategorikan tulisan tidak layak. Karena ada banyak, jadi sama X dibersihin dulu,” tuturnya.

Dalam komunikasi dangan Kantor X Singapura, Semuel mendapat informasi saat ini X sudah melakukan pemulihan. Pukul 09.00 pagi tadi masalah tersebut juga sudah selesai.

Di sisi lain, Semuel menyatakan tidak mengetahui dari mana akun bot tersebut berasal.”Saya enggak tahu, dia belum melaporkan. Yang namanya bot pasti bisa dimana aja. Sekarang bot itu nggak ada ruang. Yang pasti platform digital seperti X maupun yang lain itu sudah punya mekanisme untuk mendeteksi bot,” jelas dia.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengaku heran lantaran namanya tak muncul di pencarian akun media sosial Twitter yang kini bernama X.

Ia mempertanyakan kejanggalan nama Mahfud lenyap dengan me-mention akun resmi Twitter pada Kamis (25/1) malam.

Wah, kok bisa ya @TwitterID ??? SELESAI,” unggah Mahfud dalam akun X resminya.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD melayangkan surat terhadap Elon Musk atas dugaan kejanggalan yang dialami akun @mohmahfudmd.

Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra meminta agar Elon Musk segera mengatasi masalah tersebut.

“Atas kejanggalan ini, TPN telah melayangkan surat resmi kepada X–platform yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan dimiliki Elon Musk–untuk mendapatkan penjelasan dan mendesak agar dapat segera diatasi demi terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil,” kata Karaniya dalam keterangannya.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com