Kenapa Panda HItam Putih?

Warna hitam putih pada panda punya beberapa tujuan, terutama pertahanan hidup di habitatnya.

Jakarta, CNN Indonesia

Panda memiliki warna hitam putih untuk beberapa tujuan, salah satunya kamuflase di wilayah bersalju.

Para peneliti menyebut warna hitam putih panda merupakan sebuah misteri dalam dunia Biologi. Pasalnya, tidak ada mamalia lain yang memiliki rupa seperti panda.

“Memahami mengapa panda raksasa memiliki warna yang begitu mencolok telah menjadi masalah lama dalam biologi yang sulit diatasi karena hampir tidak ada mamalia lain yang memiliki penampilan seperti itu, sehingga membuat analogi menjadi sulit,” kata Tim Caro, profesor di Departemen Biologi Margasatwa, Ikan, dan Konservasi University of California (UC) Davis, AS, dikutip dari ScienceDaily.

“Terobosan dalam penelitian ini adalah memperlakukan setiap bagian tubuh sebagai area independen,” tambahnya.

Sebuah studi pada 2017 yang dilakukan Caro dengan kolaborasi antara UC Davis dan California State University, Long Beach, menyebut warna hitam putih yang khas pada panda memiliki dua fungsi, yakni kamuflase dan komunikasi.

Dalam studi tersebut, Caro dan rekan-rekannya membandingkan berbagai area bulu di seluruh tubuh panda raksasa dengan warna gelap dan terang 195 spesies karnivora lain dan 39 subspesies beruang, yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengannya.

Mereka mencoba mencocokkan kegelapan daerah-daerah ini dengan berbagai variabel ekologi dan perilaku untuk menentukan fungsinya.

Melalui perbandingan ini, para peneliti menemukan sebagian besar bagian tubuh panda, seperti wajah, leher, perut, dan pantatnya berwarna putih untuk membantunya bersembunyi di habitat bersalju.

Sementara, lengan dan kakinya berwarna hitam untuk membantunya menyamarkan diri di antara bayangan.

Para ilmuwan menduga warna ganda ini berkaitan dengan pola makannya yang kurang baik. Panda yang konsumsi utamanya bambu tidak mampu untuk mencerna tanaman yang lebih beragam.

Dengan demikian, panda tidak akan pernah bisa menyimpan cukup lemak untuk beristirahat selama musim dingin, seperti halnya beberapa beruang.

Hal tersebut membuat panda harus aktif sepanjang tahun, melakukan perjalanan melintasi jarak yang jauh, mulai dari wilayah pegunungan bersalju hingga hutan tropis.

Sementara itu, tanda di kepalanya tidak digunakan untuk bersembunyi dari predator, melainkan untuk berkomunikasi. Telinga yang berwarna gelap dapat membantu menyampaikan rasa keganasan, sebuah peringatan bagi predator.

Sedangkan mata mereka yang berwarna gelap dapat membantu mereka mengenali satu sama lain atau menandakan agresi terhadap pesaing panda.

“Ini benar-benar merupakan upaya yang sangat besar dari tim kami, menemukan dan menilai ribuan gambar dan menilai lebih dari 10 area per gambar dari lebih dari 20 warna yang memungkinkan,” kata Ted Stankowich, profesor di CSU Long Beach, dikutip dari situs UC Davis.

“Kadang-kadang diperlukan ratusan jam kerja keras untuk menjawab pertanyaan yang tampaknya paling sederhana: Mengapa panda berwarna hitam dan putih?” tambahnya.

(lom/arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com